DI JAYAWIJAYA, SURAT SUARA LEBIH BANYAK DARI PEMILIH

share on:
Salah Satu TPS di Kabupaten Jayawijaya (Dok. Tim Hanorogo)
Salah Satu TPS di Kabupaten Jayawijaya (Dok. Tim Hanorogo)

Jayapura, 16/4 (Jubi) – Salah satu temuan Tim Hanorogo, Pemantau Pemilu Independen di Kabupaten Jayawijaya pada 9 April 2014 lalu, yakni jumlah surat suara lebih banyak dibanding  jumlah pemilih setempat.

Temuan ini adalah surat suara lebih banyak dari jumlah pemilih setempat, ditemukan di beberapa tempat, seperti di Kampung Tikawo, Distrik Asologaima yaitu DPT 544 orang, namun hanya 47 orang pemilih yang hadir. Kampung Wetalak, Distrik Pelebaga 354 surat suara yang memilih 107 orang. Masalah yang sama juga terjadi TPS 1 dan 2 desa Walak Distrik Asologaima.

“Jumlah surat suara yang didapat lebih sedikit dari jumlah pemilih setempat  ditemukan di TPS 01 Kelurahan Wesaput, Distrik Wesaput. Menurut lurah setempat ada lebih dari 1000 pemilih namun hanya menerima 400-an surat suara sehingga banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya,” kata Adriana Hilapok, salah satu anggota Tim kepada wartawan di Padangbulan, Jayapura, Rabu (16/4).

Tim juga menemukan surat suara untuk DPR Kabupaten hilang. Hal ini terjadi di TPS 7 depan Hotel Baliem Pilamo Distrik Wamena Kota. Ada juga surat suara yang sudah dicoblos lebih dulu terjadi di TPS 15, Gang Nirwana, Distrik Wamena Kota dan di Kampung Kobolakma, Distrik Asotipo. Surat suara yang sudah dicoblos untuk DPRD Kabupaten.

Di beberapa tempat seperti Wesaput, Asotipo dan Musatfak surat suara sisa langsung dibagi secara merata kepada caleg-caleg yang berasal dari wilayah setempat. Sedangkan di beberapa lain seperti di TPS SD YPK Distrik Wamena Kota, surat suara sisa menimbulkan keributan antara petugas dan masyarakat yang datang memilih.

Di Sinaput, pemilih untuk surat suara sisa dipilih petugas. Sedangkan di Miligatmen Asologaima, surat suara sisa mau diberikan kepada caleg orang asli yang berasal dari distrik tersebut sebagaimana disampaikan oleh petugas KPPS setempat.

“TPS yang tidak dibuka terjadi di Kampung Kosilapok Distrik Hubukosi. Diduga suara sudah diamankan untuk salah satu caleg dari kampung itu sehari sebelumnya. Hal yang sama terjadi di TPS depan kantor Pemberdayaan; di Autakma, Kelurahan Sinakma, Distrik Wamena Kota,” ungkap Bernard Kalndija, salah satu anggota Tim Hanorogo kepada wartawan di Padangbulan, Jayapura, Rabu (16/4). (Jubi/Aprila)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DI JAYAWIJAYA, SURAT SUARA LEBIH BANYAK DARI PEMILIH