KLARIFIKASI PEMBERITAAN : WARTAWAN PAPUA BARAT POS DIFITNAH MEMERAS ISTRI PENGUSAHA BBM

share on:
IST
IST

Sorong, 21/4 (Jubi) – Terkait pemberitaan di Tabloid Jubi tentang 5 oknum wartawan di Sorong yang melakukan pemerasan terhadap istri pengusaha BBM berinisial IY, saya Hasan Lessy, SH, wartawan Papua barat Pos mewakili pimpinan Redaksi secara keras membantah pemberitaan tersebut karena di dalam pemberitaan disebut juga media Papua Barat Pos. Untuk itu saya mengajukan klarifikasi kepada redaksi Tabloid Jubi.

Pemberitaan itu saya bantah karena tidak ada bukti media Papua barat Pos melakukan pemerasan terhadap Wati istri IY yakni pengusaha BBM yang tertangkap Polres Sorong Selatan karena membawa BBM illegal masuk ke Sorong Selatan. Hal ini perlu saya tekankan karena saya selaku wartawan Papua barat Pos yang diisukan melakukan hal demikian tidak pernah kenal dengan istri IY dan tidak pernah jumpa dengan yang bersangkutan. Kemudian, jika saya dikatakan melakukan pemerasan, apa buktinya, kalau perlu wartawan yang memberitakan isu ini bersama saya bertemu IY dan istrinya dan menanyakan hal itu.

Saya merasa keberatan karena dalam pemberitaan mencatumkan nama media saya tanpa ada bukti yang jelas dan tidak melakukan konfirmasi kepada saya, sehingga membuat nama media saya tercemar akibat pemberitaan itu.

Kemudian ada isu bahwa saya memback up BBM tersebut, itu juga merupakan isu dan sama sekali tidak benar, karena jika memang saya terlibat maka saat pemeriksaan pelaku oleh Polisi maka sudah pasti saya juga dipanggil untuk diperiksa, dan itu tidak ada karena saya tidak memback upnya, sedangkan kasus itu sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sorong.

Selanjutnya, saat beberapa wartawan di Sorong melakukan konfirmasi ke istri IY yaitu Wati di alamatnya di kompleks Pahlawan Sorong, yang bersangkutan mengaku tidak pernah diwawancara wartawan dari mana media manapun. Sehingga pertanyaan saya dari mana isi pemberitaan bahwa yang bersangkutan memberikan komentar di dalam berita tersebut bahwa ia peras sebesar Rp. 45 juta. Sedangkan wartawan yang memberitakan mengaku mewawancarai istri IY.

Hasan Lessy, SH.
Wartawan Papua Barat Pos

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KLARIFIKASI PEMBERITAAN : WARTAWAN PAPUA BARAT POS DIFITNAH MEMERAS ISTRI PENGUSAHA BBM