NASIB PERDASUS PARPOL LOKAL DAN KURSI OTSUS BELUM JELAS

share on:
Sekretrasi Komisi A yang Juga Anggota Baleg DPR Papua, Julius Miagoni. (Jubi/Arjuna)
Sekretrasi Komisi A yang Juga Anggota Baleg DPR Papua, Julius Miagoni. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 22/4 (Jubi) – Nasib Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Partai Politik (Parpol) Lokal Papua hingga kini belum ada kejelasan. DPR Papua bahkan menyatakan, sama sekali belum merancang Draf Raperdasus Parpol lokal.

“Setahu saya sampai sekarang Badan Legislasi (Baleg) DPR Papua belum merancang pembuatan draf Parpol Lokal Papua. Belum ada agenda di DPRP,” kata Sekretaris Komisi A yang juga anggota Baleg DPR Papua, Julius Miagoni via telepon selulernya, Selasa (22/4).

Menurutnya, kemungkinan Raperdasus Parpol lokal akan dibuat anggota DPR Papua periode berikutnya. Apalagi, kata  Juliuss, sampai sekarang masih ada beberapa Perdasi/Perdasus yang belum disahkan DPR Papua.

“Salah satunya draf Perdasus pengangkatan 14 kursi kanggotaan di DPR Papua untuk orang asli Papua,” ujarnya.

Untuk draf Perdasus 14 kursi DPR Papua atau kursi Otonomi Khusus (Otsus), kata Julius Miagoni, Baleg masih menunggu draf dari Gubernur Papua guna disinkronkan dengan draf yang telah dibuat DPR Papua.

“Jika saja yang digunakan hanya draf dari DPR Papua, tinggal tunggu pengesahan saja. Tapi Pemerintah Provinsi Papua juga membuat draf. Jadi harus disinkronkan,” katanya.

Sebelumnya, pertengahan Februari lalu, Ketua Komisi A DPR Papua yang membidangi pemerintahan, hukum dan HAM, Ruben Magay mangatakan, draf Raperdasus kursi Otsus dan Parpol lokal akan segera disahkan dalam waktu dekat.

“Sebanyak 14 kursi dan Parpol lokal ditunda dalam sidang paripurna non APBD awal tahun ini karena eksekutif ingin ada pembahasan bersama. 14 kursi dan Parpol lokal akan disahkan dalam waktu dekat jika sudah dijadwalkan di Bamus DPR Papua,” kata Ruben Magay kala itu. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  NASIB PERDASUS PARPOL LOKAL DAN KURSI OTSUS BELUM JELAS