PEMPROV PAPUA SIAP DIAUDIT BPK

share on:
Sekda Papua, Hery Dosinaen. (Jubi/Alex)
Sekda Papua, Hery Dosinaen. (Jubi/Alex)

Jayapura, 22/4 (Jubi) – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengatakan, jika dalam waktu dekat Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) ingin mengaudit pengelolaan keuangan Papua pascapenyerahan laporan keuangan 2013, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua siap.

Untuk membuktikan kesiapan tersebut,  Pemprov Papua  telah mengumpulkan semua Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Papua.

“Kami sudah menggelarpPertemuan konferehensif semua SKPD, kepala dinas, kepala badan dan kepala biro dalam rangka audit secara konperehensif oleh BPK RI Perwakilan Papua. Yang jelas kita sudah siap untuk pemeriksaan audit dari BPK RI,” kata Sekda Herry Dosinaen kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Selasa (22/4).

Menurut Hery, BPK RI sebenarnya sudah melakukan pemeriksaan pendahuluan terhadap laporan keuangan Pemprov Papua beberapa waktu lalu, sehingga  pada April dan Mei 2014 akan dilakukan pemeriksaan. Untuk itu, lanjutnya, ada baiknya para pimpinan SKPD,  baik kepala dinas, kepala badan dan kepala biro untuk menyiapkan administrasi keuangan secara baik.

Hery mengaku, berdasarkan hasil pantauannya, laporan keuangan Pemprov Papua termasuk dari SKPD yang ada di lingkungan Pemprov Papua ini, sudah cukup baik dan laporan keuangan tersebut sudah diserahkan ke BPK RI.

“Kami sudah serahkan laporan keuangan ke BPK RI. Atas dasar itu, mereka datang melakukan pemeriksaan, sehingga dalam waktu dekat ini dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta BPK perwakilan Papua untuk melakukan audit investigasi terhadap seluruh penggunaan keuangan Pemprov Papua. Permintaan tersebut sudah dilayangkan sebelum dirinya menjabat sebagai gubernur di wilayah paling timur di Indoensia ini.

“Semuanya sudah berjalan, Gubernur tidak bisa memvonis siapa yang salah dan benar. Yang pasti, saya sudah mengirimkan surat  ke BPK. Audit investigasi sudah dilakukan terutama untuk dana infrastruktur. Hasil ini nantinya akan dilihat dan kita tunggu saja. Karena lembaga yang berwenang melakukan audit itu adalah BPK,” kata Lukas Enembe. (Jubi/Alex)

Editor : Oyos Saroso
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMPROV PAPUA SIAP DIAUDIT BPK