THAHA AL HAMID: MURIDAN ADALAH KITAB HIDUP PAPUA

share on:

MURIDAN  WIDJOJO, TOKOH JARINGAN DAMAI PAPUA KETIKA BERBICARA DALAM SUATU KEGIATAN (Muridan Widjojo/Facebook)
MURIDAN WIDJOJO, TOKOH JARINGAN DAMAI PAPUA KETIKA BERBICARA DALAM SUATU KEGIATAN (Muridan Widjojo/Facebook)

Jayapura, 24/3 (Jubi) – “Doktor Muridan adalah sebuah kitab yang hidup. Dari semua cerita perjumpaan bapak/ibu tentang beliu mengisahkan sebuah semangat yang kuat ketika berbicara soal Papua. Walaupun dia telah tiada tetapi ceriteranya masih bersama kita”, ujar Thaha Al Hamid, Sekretaris Jenderal Presidum Dewan Papua (PDP).

Hal itu dikemukakannya dalam acara diskusi publik mengenang 40 hari meninggalnya Dr. Muridan dengan tema “konsep dialog yang diperjuangkan oleh alm. Dr. Muridan S. Widjojo” bertempat Aula STFT Padang Bulan, Kamis 24/4.

Dia mengatakan, banyak inspirasi baru tercetus jika membicarakan nama Muridan. Bicara Papua dengan Muridan, pasti ada hal baru yang disampaikan dan semangatnya sangat tinggi,

“Muridan selalu menyampaikan hal baru dalam setiap pertemuan tentang Papua, adrelaninnya naik ketika bicara soal Papua”, ungkap Thaha.

Pater John Djonga dalam kesempatan yang sama menyampaikan pandangan pribadinya tentang Muridan, yang dinilainya sebagai sosok guru sejati dan konsisten, “Muridan itu tokoh yang sejati dan konsisten. Dia bekerja untuk kemanusian agar memperoleh suasana damai dan dia bekerja konsisten dengan itu, “ujar Pater Paroki Hepuba, Dekenat Jayawijaya ini.

Lanjut Pater John, sebagai wujud penghargaan atas jasa-jasanya bagi Papua umumnya dan Wamena khususnya, masyarakat adat wilayah Lani pago yang terdiri dari tiga suku besar Yali, Lani dan Hubula mengukuhkannya sebagai Pahlawan Perdamaian baru-baru ini di Balim.

Diskusi Publik menggenang 40 hari meninggalnya Dr. Muridan S. Widjojo, Peneliti Senior LIPI bidang Politik Lokal itu, diselenggarakan oleh Jaringan Damai Papua (JDP) dan dihadiri oleh tokoh gereja, mahasiswa, LSM, perempuan serta akademisi baik dari provinsi Papua maupun Papua Barat.

Pemateri dalam Diskusi Publik ini adalah orang terdekat Muridan baik dalam keluarga maupun tempat kerja yakni Suma Riella Mudiatti (istri), Dr. Adriana Elisabeth, Bpk. Cahyo Pamungkas dan Ibu Latifa Anum Siregar. (Jubi/Meky Wetipo)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  THAHA AL HAMID: MURIDAN ADALAH  KITAB  HIDUP PAPUA