BUPATI NDUGA: PEMILU AMAN, TAK ADA INTERVENSI KEPALA DAERAH

share on:
Bupati Kabupaten Nduga, Yairus Gwijangge,S.Sos,M.Si (IST)
Bupati Kabupaten Nduga, Yairus Gwijangge,S.Sos,M.Si (IST)

Keneyam, 1/5 (Jubi) – Bupati Kabupaten Nduga, Yairus Gwijangge,S.Sos,M.Si menyampaikan penghargaan dan terima kepada seluruh masyarakat di daerahnya yang telah berpatisipasi aktif menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pesta demokrasi 09 April 2014 berlangsung aman dan sukses.

“Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, masyarakat tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, pemuda dan penyelenggara Pemilu KPUD Nduga serta TNI/Polri yang sudah bekerja keras menyukseskan Pemilu di Nduga,”ungkap Bupati, kemarin (30/4).

Bupati Nduga mengatakan kesuksesan Pemilu 2014  mematahkan pandangan  sejumlah kalangan yang pesimistis  Pemilu di Kabupaten Nduga dapat dilaksanakan dengan aman. Sukses Pemilu, lanjutnya, juga sebagai bukti konkret bahwa Kabupaten Nduga telah berada di posisi yang paling aman.

“Sebelum Pemilu, ada banyak pihak memperkirakan bahwa Nduga termasuk salah satu daerah yang rawan konflik.Namun, buktinya tidak. Puji Tuhan atas penyertaan-Nya dan partisipasi aktif dari semua komponen masyarakat, akhirnya Pemilu bisa dilaksanakan dengan baik tanpa kekurangan apapun. Kita juga bangga, karena Nduga terbebas dari konflik, seperti yang diperkirakan sejumlah kalangan,”ujar Gwijangge, seraya menambahkan bahwa Nduga satu-satunya kabupaten di Pegunungan Papua yang  sukses menggelar Pemilu tanpa konflik dan masalah.

Lebih lanjut Bupati Gwijangge mengemukakan bahwa kesuksesan Pemilu di daerahnya juga tidak terlepas dari kesadaran politik masyarakat yang membaik. Hal ini dibuktikan dengan meratanya perolehan suara untuk tingkat DPRD Kabupaten. Dari data maupun informasi yang diterima, 12 Partai Politik yang bertarung di Nduga, seluruhnya mendapat kursi dengan jumlah yang bervariasi.

Menurutnya, sebelum Pemilu ada kekhawatiran bahwa akan ada monopoli perolehan suara bagi partai-partai tertentu, karena intervensi bupati maupun wakil bupati, ternyata di Nduga hal ini tidak terjadi. “Di Nduga tidak ada intervensi dari penguasa. Di daerah lain, bupati dan wakil bupati mengintervensi, tapi kita di Nduga tidak ada. Saya sebagai pemimpin daerah memberikan keleluasaan kepada semua partai untuk berjuang dan hasilnya, semua partai mendapatkan kursi. Ini adalah bukti bahwa kita merangkul semua kepentingan,”katanya.

Bupati menegaskan bahwa sejak awal dirinya telah komit untuk memberikan porsi hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada semua stakeholder penyelenggara Pemil, dan hasil akhir dari itu adalah Pemilu berjalan sukses. Sebagai Pembina Partai Politik [Parpol] di Nduga, pihaknya memberikan perhatian yang merata untuk semua Parpol.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para calon anggota legislative [Caleg] yang dengan komitmen dan kesepakatan bersama dapat mensukseskan Pemilu. Para Caleg di Nduga menjadi contoh dan memberi pendidikan politik kepada caleg-caleg di daerah lain yang siap menang dan siap kalah,”tutur Bupati.

Dia juga mengatakan bahwa dengan suksesnya pesta demokrasi di Nduga, maka kondisi ini menjadi potret kedepan dalam pembangunan. Diharapkan dengan atmosfir keamanan dan ketertiban di Nduga yang semakin membaik dan sejuk, dapat memacu pelaksanaan pembangunan yang saat ini sedang dilakukan pemerintah.

“Dengan partisipasi masyarakat yang membaik dan aman, kita harapkan dapat memberikan dampak positif dalam pembangunan di Kabupaten Nduga. Pemerintah daerah saat ini berupaya dan bekerja keras membangun Kabupaten Nduga,”ujarnya.

Di tempat terpisah, Kapolres Jayawijaya AKBP Adolof Beay  mengemukakan Polres Jayawijaya sebagai pengendali keamanan dan ketertiban di empat Kabupaten yakni Kabupaten Jayawijaya, Nduga, Mamberamo Tengah dan Yalimo, memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak di keempat daerah itu, karena dapat menjaga dan melaksanakan Pemilu dengan aman dan sukses.

Khusus Kabupaten Nduga, Kapolres mengatakan sejak awla sudah mendapatkan perhatian khusus karena termasuk daerah yang termasuk kategori rawan satu bersama dengan Kabupaten Mamberamo Tengah. Namun,hingga kini situasi Kamtibmas di Kabupaten Nduga, Mamberamo Tengah sangat kondusif. Begitu dengan dua kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Jayawijaya dan Yalimo.

Diakuinya, suksesnya Pemilu di Nduga dan ketiga daerah lainnya tidak terlepas dari kerjasama semua pihak. Antara lain  KPUD, Pemerintah Daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, pemuda,  sertta TNI/Polri.

“Jadi dari laporan terakhir sampai dengan malam ini situasi Kamtibmas di Nduga, Mamberamo Tengah, Yalimo dan Jayawijaya sendiri kondusif. Atas hal ini kami ucapkan terima kasih kepada semua masyarakat yang terus menjawa daerahnya masing-masing,”kata Kapolres yang dihubungi via telepon selulernya, tadi malam. (Jubi/Lepianus Kogoya)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BUPATI NDUGA: PEMILU AMAN, TAK ADA INTERVENSI KEPALA DAERAH