MRP: PILEG 2014 DI PAPUA SANGAT BURUK

share on:
Ketua MRP, Timotius Murib. (Jubi/Aprilia)
Ketua MRP, Timotius Murib. (Jubi/Aprila)

Jayapura, 5/5 (Jubi) – Penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di Papua dinilai Timotius Murib, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) sebagai pesta demokrasi yang sangat buruk.

“Dalam pengamatan kami, Pileg kali ini sangat buruk. Misalnya di daerah gunung, ada kotak suara dan kertas suara tertentu yang ditahan, ada juga kelompok lain yang menahan berita acaranya, ada kelompok lain yang menahan stampel. Ini lucu sekali,” kata Timotius kepada wartawan di sela-sela rapat dengan Forum Koalisi Perempuan Papua Bangkit di Kantor MRP di Kotaraja, Abepura, Senin (5/5).

Pada Pemilu mendatang, pihaknya berharap kejadian serupa tidak terulang lagi “Kalau masih seperti ini, dikuatirkan para Calon Legislatif (Caleg) pergi ke Kantor DPR, mengambil kursi disana lalu membawa pulang. Selanjutnya mereka bilang ‘saya sudah dapat kursi di DPR’. Ini kan lucu,” katanya.

Ke depan dirinya berharap, sosialisasi dan pendidikan politik bagi Masyarakat Papua lebih di maksimalkan, agar pemilihan umum mendatang semakin bagus.

Terkait anggota MRP yang juga mencalonkan diri menjadi anggita legislatif,  Timotius mengatakan pihaknya masih akan melakukan pembahasan dengan Dewan Kehormatan MRP.

Rencananya pagi ini kami melakukan pertemuan dengan Dewan Kehormatan MRP, namun karena ada pertemuan dengan kelompok perempuan maka kami akan merapat ke Dewan Kehormatan MRP untuk membahasnya, karena peraturan Pemerintah tentang tata tertib MRP sudah jelas, bahwa anggota MRP tidak boleh menjadi pengurus partai dan tidak boleh menjadi caleg,” tegas Timotius.

Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano sebelumnya juga mengakui, pemilihan legislatif tahun 2014 adalah pemilu yang paling kacau, menyusul banyaknya praktek politik uang (Money Politics).

Semua caleg menggunakan kekuasaan uang untuk membeli suara. Hal ini membuat pendidikan berpolitik menjadi lemah,” tegas Mano di sela-sela acara peringatan Hardiknas Kota Jayapura, Jumat (2/5) lalu . (Jubi/Aprila)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MRP: PILEG 2014 DI PAPUA SANGAT BURUK