POLDA PAPUA BURU KETUA DAN ANGGOTA KPUD SARMI

share on:

Ilustrasi Pemilu 4Jayapura, 6/5 (Jubi) – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sarmi Papua, Yosef Yosef Twenti dan seorang anggotanya Odi Demeteouw, kini menjadi incaran Kepolisian Daerah (Polda) Papua karena diduga membawa kabur ribuan surat suara hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu.dari enam distrik .

Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengungkapkan, kini pihaknya tengah memburu dua orang tersebut.

“Penyidik sudah menerima laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua. Jadi kewenangan untuk mencari mereka adalah tanggungjawab polisi. Kini keduanya sedang diburu,” kata Tito, Selasa (6/5).

Atas perbuatannya, lanjut Tito, Ketua KPUD Sarmi dan anggotanya terancam hukuman pidana Pemilu yakni kurungan tiga tahun penjara.

“Keduanya diduga melakukan tindak pidana Pemilu yakni merubah peroleh jumlah suara Calon Legislatif,” ujarnya. 

Dari informasi yang beredar keduanya orang tersebut dikabarkan kini sedang berada di Jakarta untuk mengadukan langsung ke KPU dan Bawaslu Pusat. Namun komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata mengatakan, semestinya mereka terlebih dahulu melapor ke Bawaslu atau KPU Papua.

“Tindakan mereka menyalahi aturan. Semestinya, jika memang ada masalah, sebelum ke pusat, mereka harus mengadukan ke KPU atau Bawaslu Papua dulu,” kata Anugrah Pata. (Jubi/Arjuna)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POLDA  PAPUA BURU KETUA DAN ANGGOTA KPUD SARMI