KEJATI PAPUA AKAN MENGEKSEKUSI SEJUMLAH TERPIDANA KORUPSI

share on:
Kajati Papua, E.S. Maruli. (Jubi/Arjuna)
Kajati Papua, E.S. Maruli. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 8/5 (Jubi) – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua menyatakan akan segera mengeksekusi sejumlah tersangka kasus korupsi di Bumi Cenderawasih yang hingga kini masih berkeliaran.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, E.S. Maruli Hutagalung mengatakan, salah satu tersangka korupsi yang kini jadi incaran pihak Kejati Papua yakni mantan Sekretaris Dewan (Sekawan) DPRD Kabupaten Jayapura  yang kini menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mappi, Buce D Bakorumbawa.

“Dia kan statusnya sudah terpidana. Putusan kasasi Mahkamah Agung, 5 September 2013 lalu menjatuhkan pidana penjara delapan tahun dan denda Rp 200 juta subsider kurungan 6 bulan penjara. Tapi hingga kini kan belum ditahan. Makanya, saya sudah perintahkan Kajari Jayapura untuk segera dieksekusi dengan minta bantuan Kajari Merauke. Kajari Jayapura sudah bersurat ke Kajari Merauke untuk eksekusi. Nanti dibawa sama Kapolres Mappi. Pokoknya eksekusi,” kata Maruli, Kamis (8/5).

Selain akan mengesekusi terpidana Buce D Bakorumbawa, Kejati Papua juga akan segera mengeksekusi 43 anggota DPR Papua Barat yang jadi terpidana korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Papua Barat 2010 senilai Rp22 miliar.

“Kalau turun putusan, kami eksekusi. Meski lolos ke DPR RI tidak masalah. Hukuman harus tetap dijalani,” ujarnya.

Kata Maruli, meski secara matematis vonis satu tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Klas IIA Jayapura kepada 43 anggora DPR Papua Barat itu telah berjalan kurang lebih lima bulan, itu tak terhitung.

“Kalau misalnya Januari lalu mereka dituntut satu tahun, berarti masa yang sudah dilewati itu tidak dihitung karena mereka di luar penjara. Mereka harus jalani murni. Kalau satu tahun ya satu tahun di penjara” katanya. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KEJATI PAPUA AKAN MENGEKSEKUSI SEJUMLAH TERPIDANA KORUPSI