BERKAS BUPATI MAYBRAT TELAH DISERAHKAN KE KEJARI SORONG

share on:
Kajati Papua, E.S. Maruli. (Jubi/Arjuna)
Kajati Papua, E.S. Maruli. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 9/5 (Jubi) – Berkas perkara tersangka korupsi Bupati Maybrat, Papua Barat, Bernard Sagrim dinyatakan lengkap atau P21 oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Papua dan sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong, Papua Barat, Rabu (7/5) lalu.

“Ya berkas tahap keduanya ternyata sudah diserahkan ke Kejari Sorong dua hari lalu. Tetapi untuk saat ini tersangka masih ditahan di Rumah Tanahan (Rutan) Polda Papua,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua, E.S. Maruli, Jumat (9/5).

Menurutnya, karena Maybrat berada di wilayah Kejari Sorong, sehingga yang menangani kasus tersebut adalah Kejari setempat. Mengenai adanya permintaan dari keluarga agar penahanan tersangka ditangguhkan kata Maruli, permintaan itu jangan ditujukan ke Kejati Papua.

“Ya bukan ke sini (Kejati) Papua. Tapi itu harusnya ke Kejari Sorong karena mereka yang menangani kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya,  Senin (5/5) malam sekitar pukul 22:00 WIT, Polda Papua menahan Bupati Maybrat, Bernard Sagrim. Yang bersangkutan jadi tersangka korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Sorong, Tahun Anggaran 2009 sebesar 15 Miliar Rupiah dan tindak pidana pencucian uang dengan kerugian negara sebesar Rp. 3 miliar.

Bernard Sagrim diduga melanggar pasal 2 ayat 2 dan pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 31 tahun 1999 dan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang Nomor 15 tahun 2002. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BERKAS BUPATI MAYBRAT TELAH DISERAHKAN KE KEJARI SORONG