KPU PAPUA AKAN EVALUASI KINERJA KPU DAERAH

share on:
Pemilu 2014 (Jubu/Ist)
Pemilu 2014 (Jubu/Ist)

Jayapura, 9/5 (Jubi) – Banyaknya laporan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten/kota membuat KPU Papua akan mengevaluasi lembaga penyelenggara Pemilu di daerah.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto mengatakan, pihaknya juga menerima keputusan Dewan Kehormatan Pemilu (DKKP) yang memberhentikan tetap Ketua KPUD Sarmi, Yoshep Twenty dan satu anggotanya, Odhy Yesaya Demetouw.

“Sekarang kami masih di Jakarta untuk rekapan suara dari Papua ditingkat nasional. Ya kami terima keputan DKPP itu. Nanti setelah kami kembali ke Papua baru kami lakukan evaluasi menyeluruh mengenai kinerja KPU di daerah,” kata Tarwinto ketika dihubungi wartawan via selulernya, Jumat (9/5).

Menurutnya, evaluasi menyeluruh kinerja KPU di daerah sangat penting untuk kelancaran proses Pemilihan Presiden (Pilpes), 9 Juli mendatang.

“Pilpres sudah didepan mata, kinerja KPU daerah perlu dievaluasi agar ke depan jangan lagi ada pelanggaran. Masih banyak anggota KPU di daerah yang belum pemaham tugas dan wewenang serta larangan bagi mereka,” ujarnya.

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah memutuskan pemberhentian tetap Ketua KPU Sarmi, Yoshep Twenty dan satu anggotanya, Odhy Yesaya Demetouw dalam sidang pembacaan putusan, Jumat (9/5).

Anggota DKPP, Valina Singka Subekti dalam rilis persnya dalam rilis kepada sejumlah wartawan mengatakan, ketua dan anggota KPUD Sarmi diyakni melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu yang merusak seluruh tatanan Pemilu dan demokrasi, sehingga melanggar Pasal 5 huruf b, huruf c, huruf f, huruf g, huruf i, dan hufuf j Peraturan Bersama KPU, Bawaslu, dan DKPP No. 13 Tahun 2012, No. 11 Tahun 2011, dan No. 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu, dan tindak pidana dalam bentuk membawa lari dokumen negara, yang seharusnya dilindungi, dijaga dan dipertahankan untuk tidak dibawa siapapun dari kantor KPU Kabupaten Sarmi

“Pembacaan putusan pemberhantian ketua dan anggota KPUD Sarmi itu dihadiri oleh Ketua majelis Jimly Asshiddiqie dan anggota majelis lainnya Saut H Sirait dan Anna Erliyana,” kata Valina Singka Subekti. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU PAPUA AKAN EVALUASI KINERJA KPU DAERAH