KPUD INTAN JAYA BANTAH LAKUKAN PELANGGARAN PEMILU

share on:
Ilustrasi. (IST)
Ilustrasi. (IST)

Jayapura, 9/5 (Jubi) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Intan Jaya, Papua membantah adanya tudingan sejumlah pihak yang menyebut lembaga penyelenggara Pemilu itu melakukan sejumlah pelanggaran ketika pelaksaan Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu.

Ketua KPUD Kabupaten Intan Jaya, Linus Tabuni mengatakan, tak benar jika pihaknya melakukan kecurangan atau pelanggaran Pemilu. Semua proses Pileg di wilayah mereka sudah berjalan sesuai aturan, tahapan serta jadwal nasional.

“Jadi itu tidak benar. Ada politisi Partai Politik (Parpol) tertentu yang memberikan informasi dan berkomentar yang tak benar di media untuk menjatuhkan KPUD Intan Jaya,” kata Linus Tabuni, Jumat (9/5).

Menurutnya, KPUD setempat telah melaksanakan Pileg di enam distrik yang ada di wilayah itu sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan.

“Justru ketika pendropingan logistik ke Ibukota Kabupaten Intan Jaya, Sugapa ada beberapa Parpol yang diduga menyembunyikan formulir C1 untuk digandakan, serta cap penyelenggara tingkat bawah seperti Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Penyelenggara Pemilu Distrik (PPD),” ujarnya.

Dikatakan Linus Tabuni, ada orang yang sengaja merusak sistem demokrasi di wilayah itu untuk mencoreng sistem demokrasi.

Di tempat yang sama, Sekretaris KPUD Intan Jaya, Vicktor Mori juga membantah jika pemerintah daerah setempat mengintervensi pelaksanaan Pileg di wilayah itu.

“Bukan intervensi, tapi bupati sebagai pembina politik tetap mendukung proses demokrasi di sana agar berjalan sesuai lancar sesuai aturan. Tidak ada keterlibatan bupati,” ujar Vicktor Mori. (Jubi/Arjuna)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPUD INTAN JAYA BANTAH LAKUKAN PELANGGARAN PEMILU