35 NAMA ANGGOTA DPRD TERPILIH MIMIKA DIPUBLIKASIKAN LEWAT FACEBOOK

share on:
Gedung DPRD Mimika yang baru di Jalan Cenderawasih Kota Timika. Mampukah yang terpilih 2014 ini lebih merakyat ???.. semoga lebih baik dan ditunggu tindakannya.. (Jubi/Eveerth)
Gedung DPRD Mimika yang baru di Jalan Cenderawasih Kota Timika. Mampukah yang terpilih 2014 ini lebih merakyat ???.. semoga lebih baik dan ditunggu tindakannya.. (Jubi/Eveerth)

Timika, 12/5 (Jubi) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Yohanes Kemong, mengumumkan secara resmi nama 35 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika periode 2014-2019 melalui akun Facebook-nya Yohanes Kemong.Minggu (11/5) sekitar pukul 13.00 WIT

Postingan 35 nama Calon Legislatif (Caleg) yang kemungkinan lolos menjadi anggota DPRD Mimika periode tahun 2014-2019 itu berjudul, INFO RESMI KPU MIMIKA.

“INFO RESMI KPU MIMIKA . NAMA2 CALON DPRD MIMIKA periode 2014-2019 Yaitu : 1. Aser Gobay, 2. Muhamad Asri, 3. Hadi Wiyono, 4. Yohanes Helyanan, 5. Karel Gwijangge, 6. Atimus Komangal, 7. Yohanes Wantik, 8. Yohanes Sunme, 9. Elias Mirip, 10. Matius Yanengga, 11. Robi Omaleng, 12. Elminus Mom, 13. Sony Kaparang, 14. Gerson Imbir, 15. Fiktor Kabey, 16. Antonius Kemong, 17.Anus Jikwa, 18. Kris Magai, 19. Philipus Wakerkwa, 20. Markus Timang, 21. Tadius Kwalik, 22. Yulius Kum, 23. Elisabeth Tenawe, 24. George Deda, 25. Oktovianus Beanal, 26. Yohanes Kibak, 27. Yonas Magal, 28. Nataniel Murib, 29. Yelinus Mom, 30. Teo Deikme, 31. Robert Waropea, 32. Nurman Karopukaro, 33. Eliaser Ohee, 34. Saleh Alhamid, 35. Bilu Hagabal,” demikian tertulis dalam status Facebook Ketua KPU pada akun-nya.

Dari 35 nama yang disebutkan pada akun Facebook Yohanes Kemong, terlihat urutan nomor ke-33 yang tidak berisi nama. Apakah itu salah menulis atau lupa menulis, hal itu belum diketahui dengan mendapat konfirmasi dari yang bersangkutan.

Sebelumnya juga, sempat diposting hasil perolehan kursi untuk partai politik pada masing-masing daerah Pemilihan (Dapil), untuk DPRD Mimika, berikut postingannya.

“KPU Kabupaten Mimika Propinsi Papua telah MEMUTUSKAN & MENETAPKAN Perolehan SUARA PARTAI & CALON untuk DPRD Kabupaten Mimika Periode 2014 – 2019. Dengan itu maka Partai memperoleh kursi di 5 DAPIL, yaitu ; DAPIL I. Partai NASDEM dapat 1 Kursi. PKB dapat 2 Kursi, PDIP dapat 2 Kursi, GOLKAR dapat 1 Kursi, HANURA dapat 1 Kursi, PBB dpt 1 Kursi, PKPI dapat 1 Kursi. DAPIL II. Partai PKB dapat 1 Kursi, GOLKAR dapat 1 Kursi, PKPI dapat 1 Kursi, GERINDRA dapat 2 Kursi, PBB dapat 2 Kursi. DAPIL III. Partai PAN dapat 2 Kursi, DEMOKRAT dapat 2 Kursi, GERINDRA dapat 2 Kursi, PBB dapat 1 Kursi, HANURA dapat 1 Kursi, PKPI dapat 1 Kursi, NASDEM dapat 1 Kursi. DAPIL IV. Partai GOLKAR dapat 1 Kursi, GERINDRA dapat 1 Kursi, PBB dapat 1 Kursi. DAPIL V. Partai PAN dapat 1 Kursi, HANURA dapat 1 Kursi, DEMOKRAT dapat 1 Kursi, GERINDRA dapat 1 Kursi, PBB dapat 1 Kursi, PKB dapat 1 Kursi. Demikian & thanks,”

Sementara itu, dengan diketahuinya 35 nama calon tersebut melalui akun Facebook ketua KPU Mimika. Konfirmasi yang dilakukan kepada Ketua KPU Mimika guna meminta kebenaran postingan dalam akun Facebooknya itu, tidak berhasil diperoleh. Kemong yang dihubungi via selulernya tidak mengangkat teleponnya.

Selanjutnya, ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika, Agustinus Roya, SE yang dimintai tanggapannya terkait, apakah dari pihak KPU Mimika telah memberikan tembusan terkait 35 nama anggota DPRD Kabupaten Mimika yang telah disebutkan itu. Roya mengatakan, dirinya belum menerima surat tembusan penetapan 35 anggota tersebut. Selain itu, dirinya juga belum mendapatkan informasi dari pihak KPU Mimika.

“Saya belum dapat informasi, bahkan tembusan 35 nama yang sudah diumumkan itu,” kata Roya saat dihubungi.

Tidak saja dari pihak Panwaslu yang belum mendapatkan tembusan dari KPU soal 35 nama anggota DPRD Mimika itu, dirinya sendiri belum mengetahui nama-nama dari 35 anggota DPRD yang diumumkan Ketua KPU melalui akun Facebooknnya. Jadi, aku Roya, dirinya belum bsia memastikan apakah benar telah ditetapkan KPU ataukah belum.

“Saya juga belum tahu nama-nama 35 anggota yang lolos itu, karena yang saya utus untuk itu Pak Petrus (Divisi Penanganan Pelanggaran Panwaslu Mimika-red). Sampai sekarang, saya juga belum tahu siapa nama-nama dari 35 orang itu.” ujarnya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi resmi secara langsung dari pihak KPU Mimika, 35 nama yang telah diinfokan oleh akun Facebook Ketua KPU mengatas namakan KPU Mimika,juga belum bisa dipastikan, apakah nama-nama tersebut yang akan menduduki 35 kursi Legislatif Kabupaten Mimika atau tidak.

Sementara ketua dan salah seorang anggota KPUD Mimika yang coba dihubungi belum bisa karena gangguan jaringan telekomunikasi di Kota Timika.

Sejumlah akun facebook milik orang Papua, juga mempertanyakan keberadaan 30 persen kaum perempuan, sebab hanya seorang perempuan yang lolos atas nama Elisabeth Tenawe, sehingga hal ini terus dipertanyakan, sedangkan beberapa lainnya mengaku sangat kecewa dan mengaku pengumuman di facebook merupakan sejarah pertama kali dalam demokrasi sebelum adanya pengumuman resmi, namun telah diposting melalui akun facebook. (Jubi/Eveerth)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  35 NAMA ANGGOTA DPRD TERPILIH MIMIKA DIPUBLIKASIKAN LEWAT FACEBOOK