PROSES PEMBANGUNAN MIMIKA SPORT COMPLEX CAPAI 15,5 PERSEN

share on:
Papan Reklame Maket Plan Pembangunan Mimika Sport Complex di SP 5 Kabupaten Mimika (Jubi/Eveerth)
Papan Reklame Maket Plan Pembangunan Mimika Sport Complex di SP 5 Kabupaten Mimika (Jubi/Eveerth)

Timika, 12/5 (Jubi) – Tahap pembangunan Gedung Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun PT. Freeport Indonesia sejak tahun 2013 lalu, saat ini sudah mencapai 15,5 persen.

Demikian disampaikan Manager Special Project Techincal Services PT Freeport Indonesia, Deny Hudijana, MSCE, di kawasan kantor Pusat Pemerintahan, SP. 3. Senin (12/5), sebagaimana dikatakan, bahwa pembangunan Mimika Sport Complex berjalan dengan baik dan lancar.

“Hingga sejauh ini pembangunannya sudah baik dan lancar berjalan sesuai dengan konsepnya,” ujarnya.

Dijelaskan, pada tahap awal pembangunan MSC yang berlokasi di SP. 5, samping Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Jalan Charitas itu, masih difokuskan untuk membangun pondasi bangunan terlebih dahulu, kemudian setelah itu akan dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya.

“Para pekerja yang ada di proyek pembangunan Gedung MSC, masih fokus untuk membuat pondasi dormitory, pondasi untuk cake and pile, dan malah untuk indoor sudah sampai pada,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat tidak terlalu membutuhkan cake and pile, karena pembuatan pondasi diutamakan kepada lintasan lari, sehingga nantinya masyarakat bisa segera memanfaatkannya untuk aktivitas olahraga seperti jogging, estafet dan sebagainya.

Target penyelesaian MSC, kata Deny dipastikan tahun 2016, karena target tersebut sudah di tentukan para kontraktor.

“Adapun pekerja yang saat ini sedang mengerjakan proyek tersebut berjumlah 160 orang, sehingga dengan tenaga SDM yang ada, maka diupayakan secepatnya pembangunan Gedung itu selesai,” tuturnya.

Pada September 2013 lalu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, meletakkan batu pertama proyek pembangunan MSC sebagai pusat sarana olahraga termegah nantinya di Papua, selain itu juga sarana ini dipersiapkan untuk PON XX tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan, bahwa Proyek pembangunan Mimika Sport Complex menggunakan dana sebesar 25 juta US Dollar di atas lahan seluas kurang lebih 25, 5 hektar. Pembangunannya akan memakan waktu selama 18 bulan.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (Freeport), Rozik B. Soetjipto, sekaligus menjelaskan, proyek pembangunan Mimika Sport Complex akan terdiri dari indoor lapangan atletik dan asrama, serta tempat latihan lainnya.

Dijelaskan, untuk mengerjakan pembangunan proyek ini akan melibatkan empat perusahan besar, yakni dua perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan dua kontraktor berskala nasional yang biasanya juga mengerjakan proyek-proyek besar, termasuk perumahan. (Jubi/Eveerth)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PROSES PEMBANGUNAN MIMIKA SPORT COMPLEX CAPAI 15,5 PERSEN