ATASI SAMPAH KOTA JAYAPURA, IDEALNYA MEMERLUKAN 72 TRUCK

share on:
Truck sampah (jubi/sindung)
Truck sampah (jubi/sindung)

Jayapura, 13/5 (Jubi) – Kota Jayapura secara ideal memerlukan 72 truck sampah mengingat volume sampah Kota Jayapura sebesar 1267 m3 dan terus meningkat, sementara armada yang dipunyai baru 44 truck yang ada.

“Betul seperti diungkapkan Walikota Jayapura, kita optimalkan saja armada yang ada dengan merubah pola pengangkutanya dengan dua kali trip bahkan 4-5 kali kalo menggunakan mobil amrol ke TPA,” tegas Kepala Dinas Kebersihan dan Pemakaman Kota Jayapura, Nofdi J Rampi saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Selasa (13/5)

Menurut Nofdi adanya perubahan pola konsumsi masyarakat yang berbanding lurus dengan meningkatnya taraf perekonomian masyarakat membuat volume sampah ikut terdongkrak naik.

“Adanya beberapa pembangunan Mall dan adanya migrasi dan urbanisasi penduduk ikut mempengaruhi volume sampah yang ada, ” tambahnya.

Nofdi mengakui perubahan pola pengangkutan sampah yang dilakukan selama ini diikuti dengan harga maintance yang cukup tinggi. “Untungnya dua tahun ini, kami sudah mendirikan bengkel tersendiri bagi truck-truck DKP dan kami juga sewa montir-motir berpengalaman untuk menekan ongkos perawatannya,” ujar Nofdi.

Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengakui keterbatasan angkutan yang ada  meski bantuan untuk menunjang sarana dan prasarana kebersihan kota ini bukan hanya dari pemerintah kota akan tetapi BUMN, BUMD , dunia usaha juga memberikan bantuan.

“Saya mau kita memaksimalkan angkutan-angkutan kita, sarana prasarana kita supaya bagaimana sistem mekanisme pengangkutan itu yang kita angkut supaya kita juga diatur secara baik supaya mobil kita ini jangan sampe rusak,” tegas Mano. (Jubi/Sindung)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ATASI SAMPAH KOTA JAYAPURA, IDEALNYA MEMERLUKAN 72 TRUCK