DUA WARGA BOVEN DIGOEL TERTANGKAP BAWA GANJA PNG

share on:
Kasubag Humas Polres Merauke, Richard Nainggolan. (JUBI/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi (19/5)- Aparat kepolisian di Polres Merauke menciduk dua warga masing-masing berinisial NY dan PB yang kedapatan membawa  dua bungkus ganja kering yang sembunyikan dalam tas. Keduanya langsung diamankan dan dibawa ke Polres guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kasubag Humas Polres Merauke, Inspektur satu (Pol) Richard Nainggolan, Senin (19/5) mengungkapkan, penangkapan terhadap dua warga yang berdomisili di Kabupaten Boven Digoel itu, dilakukan pada Senin (19/5) sekitar pukul 01.00 Wit dini hari. Penangkapan dilakukan di Jalan Tidore, Kelurahan Seringgu Jaya.

Awal mula penangkapan, demikian Nainggolan, setelah adanya informasi dari masyarakat jika di sekitar tempat tersebut, sedang berkumpul beberapa warga untuk pesta miras. Sebagai tindaklanjutnya, aparat kepolisian langsung bergerak ke tempat ke jadian perkara (TKP). “Memang betul ada beberapa orang sedang meneguk miras,” katanya.

Dari situ, demikian Nainggolan, dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan. Ganja tersebut, ditemukan pertama di tangan PB. Setelah ditanya, bersangkutan mengaku jika memperoleh dari NY. Dan, sebagai imbalannya, diberikan sebuah handphone.

Selanjutnya, kata dia, NY diperiksa dan dirinya mengakui. Namun, ganja itu dibeli dari warga PNG dengan harga seratus ribu per bungkus. “Setelah kami melakukan pemeriksaan, keduanya mengaku sering menggunakan. Tetapi itu ketika masih di Kabupaten Boven Digoel,” tandasnya.

Atas perbuatan itu, NY serta PB dijerat dengan pasal 111 dan 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 yang ancaman hukumannya maksimum 20 tahun dan minimum 5 tahun dengan denda satu miliar rupiah.

Secara terpisah Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar (Pol) Sri Satyatama membenarkan juga jika ada dua orang yang ditangkap karena membawa ganja kering. Mereka sudah diamankan dan proses pemeriksaan sedang dilakukan. “Kita masih terus melakukan pengembangan. Karena jangan sampai ada sesama teman lainnya yang terlibat,” ujarnya. (Jubi/Frans L Kobun)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DUA WARGA BOVEN DIGOEL TERTANGKAP BAWA GANJA PNG