KONSEP FDS VII 2014 AKAN LEBIH TONJOLKAN KEARIFAN LOKAL

share on:
Chris Tokoro ( Jubi/Albert)
Chris Tokoro ( Jubi/Albert)

Sentani,2/6 ( Jubi ) – Jika pelaksanaan Festival Danau Sentani ( FDS ) sebelumnya dinilai kurang menampilkan konsep kearifan lokal, makan pada FDS VII 2014, dijamin akan sedikit berbeda, karena lebih mengedepankan konsep yang mengandung nilai-nilai kearifan masyarakat lokal.

” FDS 2014 ini agak sedikit istimewa. Pertama, FDS kali ini masuk dalam suatu surat keputusan Presiden Republik Indonesia, bersama dengan pelaksanaan Sail Raja Ampat (SRA ). Jadi, ada panitia di tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten,”ungkap Ketua Panitia FDS VII Kabupaten Jayapura, Chris Tokoro kepada tabloidjubi.com, di Sentani, Senin( 2/6 ).

Bila tak ada halangan, lanjut Chris, FDS VII ini akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia. Kalau tidak memungkinkan, bisa jadi dibuka oleh pejabat setingkat Menteri. Tapi, baik Presiden atau Menteri yang membuka, panitia menjamin pelaksanaan FDS 2014 ini akan sedikit berbeda dari FDS sebelumnya.

Masih Kata Chris, selain menampilkan tarian Isosolo yang merupakan keistimewaan dari FDS, akan disajikan kuliner khas sentani, bernama Ebehele yaitu menu Papeda yang akan disajikan bersama ikan gabus sentani yang dibumbui daun talas dan garam yodium. “Ini merupakan menu yang sangat spesial. rugi besar kalau pengunjung datang ke FDS, tapi tidak mencicipi menu spesial ini,”ungkap Chris.

Selain itu, sambung Chris, akan ada kegiatan melukis di atas kulit kayu berukuran 100 meter, lalu gema 1000 tifa, yang akan menjadi daya tarik tersendiri dalam pelaksanaan FDS VII 2014 ini.

Menanggapi konsep ini, salah satu seniman di Sentani, Edison Paisey mengakui konsep itu sebagai sesuatu hal yang sangat baik.

Hanya saja, ia berharap apa yang dikatakan ketua panitia FDS VII 2014, benar-benar dapat dilakukan dengan baik, dan memberikan kepuasan, bukan saja terhadap pengunjung, tetapi kepuasan juga dapat dirasakan oleh masyarakat yang dilibatkan dalam mensukseskan kegiatan itu. ( Jubi/ Albert )

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KONSEP FDS VII 2014 AKAN LEBIH TONJOLKAN KEARIFAN LOKAL