PEMKAB MERAUKE SIAPKAN LAHAN 23 HEKTARE BANGUN TPU

share on:
Kadis Tata Kota dan Pemakaman kabupaten Merauke, Ir. Justina Sianturi. (JUBI/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi (2/6)— Kepala Dinas Tata Kota dan Pemakaman Kabupaten Merauke, Ir. Justina Sianturi mengatakan, pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas 23 hektar di Tanah Miring yang akan digunakan dan atau dimanfaatkan untuk tempat pemakaman umum (TPU).

Demikian disampaikan Sianturi kepada tabloidjubi.com di kantornya Senin (2/6). Dikatakan, pembebasan lahan telah dilakukan dan sesuai rencana, tahun ini berbagai aktivitas mulai dilakukan termasuk pengerjaan ruas jalan menuju ke TPU. Karena dari jalan umum mencapai kurang lebih stengah kilometer. Sehingga harus diaspal dengan baik.
“Kami tidak bekerja sendiri. Tetapi melibatkan beberapa instansi terkait termasuk Dinas PU Kabupaten Merauke. Jika tidak ada hambatan, tahun ini akan diselesaikan dan dapat dimanfaatkan. Apalagi pembebasan lahan telah dilakukan juga,” ujarnya.

Menyinggung apakah makam yang ada dibeberapa titik dalam wilayah kota dan pinggiran akan dipindahkan ke TPU baru, Sianturi mengungkapkan, sesuai rencana, hanya satu yakni di sekitar Taman Lingkaran Brawijaya (Libra). Sedangkan lainnya tidak, lantaran dikelola oleh perorangan, yayasan maupun pihak lain.

Namun demikian, lanjut Sianturi, pendampingan akan tetap dilakukan secara terus menerus terutama dari kebersihan dan penataan. Karena ada beberapa tempat yang kurang dijaga dan dirawat baik.
“Itu yang menjadi tugas serta tanggungjawab kita untuk terus memberikan pendampingan dan motivasi kepada pengelola,” tuturnya.

Ditanya lagi apakah sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait keberadaan TPU di Tanah Miring, Sianturi menambahkan, sejak tahun 2013 lalu, beberapa komponen terkait mulai dari pemerintah hingga utusan masyarakat sudah diundang dan dibicarakan. Sehingga tidak ada persoalan lagi.

Secara terpisah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Soter Kamiawi yang dimintai komentarnya mengatakan, langkah dari dinas terkait sudah tepat. Karena dalam kenyataan, banyak TPU dalam kota, hampir tidak ada tempat lagi. Sehingga perlu ada lokasi baru yang perlu disiapkan pemerintah setempat. (Jubi/Frans L Kobun)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKAB MERAUKE SIAPKAN  LAHAN 23 HEKTARE BANGUN TPU