BIBIT POHON JANGAN CUMA DITANAM, TAPI HARUS INGAT 3M

share on:
Corina Nero, ketika melakukan penanaman pohon. ( Jubi/Albert )
Corina Nero, ketika melakukan penanaman pohon. ( Jubi/Albert )

Sentani, 6/6 (Jubi) – Menurut Kepala Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Corina Nero, aksi penanaman pohon yang dilakukan para pemuda yang disponsori Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, diminta tak sebatas itu, tetapi harus diikuti dengan komitmen untuk memelihara dan memanen atau yang disebut 3M (Menanam, Memelihara dan Memanen).

Corina menjelaskan, jika belajar dari pengalaman aksi penanaman pohon yang sering dilakukan tiap tahun, banyak keluhan warga atau banyak kenyataan yang ditemui, kalau pohon yang ditanam dalam suatu aksi, tidak terlihat hasilnya, karena ada hal yang tidak dilakukan, yaitu aksi memelihara.

“Saya berharap, aksi penanaman ini tak sampai di sini, tapi pohon-pohon yang telah saudara tanam ini, harus terus dipantau perkembangannya. Harus ada aksi memelihara, Sehingga, pohon yang sudah ditanam hari ini, bisa tumbuh dengan baik, dan memberikan manfaat yang nyata,” katanya saat memimpin aksi penanaman ratusan pohon, yang digelar KNPI Distrik Waibu bersama mahasiswa praktek Universitas Cenderawasih, di sekitar lingkungan kantor Distrik Waibu, Kamis (5/6) lalu.

Menanggapi pernyataan Kepala Distrik Waibu, Ketua KNPI Distrik Waibu, Stevi Marweri, berjanji akan memenuhi permintaan tersebut, dengan cara melakukan aksi pemeliharaan secara terprogram. “Memang benar apa yang dikatakan Ibu Distrik, kami dari KNPI Distrik Waibu, akan memprogramkan aksi pemeliharaan terhadap apa yang sudah kami lakukan hari ini,” tandasnya.

Terkait kegiatan penanaman ratusan pohon yang dilakukan KNPI Distrik Waibu, Stev menjelaskan, kalau aksi itu dilakukan berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup 2014. “Ini sudah terprogramkan, sehingga berkat dukungan Dinas Kehutanan melalui bibit-bibit pohon Matoa, Pinang, Rambutan dan Durian, kami bisa lakukan aksi penanaman ini,” jelasnya. (Jubi/Albert)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BIBIT POHON JANGAN CUMA DITANAM, TAPI HARUS INGAT 3M