TERNAK MASUK AREA BANDARA MOPAH AKAN DITEMBAK DI TEMPAT

share on:
Kepala Bandara Mopah-Merauke, J Aritonang. (JUBI/FRans L Kobun)

Merauke, 11/6 (Jubi) – Kepala Bandara Mopah Merauke, Rajoki Aritonang mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pertemuan  bersama masyarakat serta beberapa komponen terkait lain. Hasilnya disepakati bersama bahwa ternak milik warga baik sapi, kambing dan lain-lain yang masuk area bandara, akan ditembak di tempat.

“Itu adalah komitmen bersama yang telah kita sepakati. Sehingga jika ada ternak yang masuk dalam area bandara, akan ditembak di tempat,” kata Rajoki dengan nada tegas kepada tabloidjubi.com, saat ditemui di seputaran Bandara Mopah-Merauke, Rabu (11/6).

Langkah itu, kata Rajoki, bertujuan agar pesawat yang akan mendarat maupun terbang kembali, tidak mengalami kendala dan atau hambatan. “Memang sangat terganggu sekali jika ada ternak masuk area bandara dan berkeliaran,” jelasnya.

Menurut Rajoki, beberapa waktu lalu, terdapat kurang lebih sepuluh ekor sapi masuk area bandara. Saat itu, katanya, tidak langsung diambil tindakan penembakan di tempat.

“Saya masih berpikir panjang dan mendatangi pemilik sapi sekaligus memberikan peringatan keras. Jika tindakan itu dilakukan kembali, maka tidak ada istilah toleransi,” ujar Rajoki.

Diakui Rajoki, jika area bandara harus dalam keadaan aman. Sehingga pilot yang menerbangkan pesawat, tidak harus berputar-putar lama di udara lantaran melihat adanya ternak berkeliaran dalam area bandara. Apalagi yang dibawa adalah penumpang berjumlah ratusan orang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Ohoiwutun yang dimintai komentarnya mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah dari Bandara Mopah dengan menembak mati ternak di tempat jika masuk area bandara.

“Saya kira itu adalah langkah paling tepat. Karena daerah bandara harus aman terkendali. Tidak boleh ada orang maupun ternak berkeliaran di dalam. Karena itu akan mengganggu pada saat proses pendaratan,” tandas Fransiskus. (Jubi/Ans)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TERNAK MASUK AREA BANDARA MOPAH AKAN DITEMBAK DI TEMPAT