DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA, OKNUM WARTAWAN LDS DITANGKAP

share on:
Ilustrasi (IST)
Ilustrasi (IST)

Jayapura, 15/6 (Jubi) – Oknum wartawan beinisial LDS ditahan tim Resort Kriminal (Reskrim) Polres Jayapura Kota, Sabtu (14/6) malam. Sehari sebelumnya (13/6) polisi menetapkan LDS sebagai tersangka atas dugaan penipuan sebesar Rp 1,5 miliar yang di laporkan Jean Paul Kabey.

Kepala Satuan Reskrim Polres Jayapura Kota, Ajun Komisaris (Pol) Steyven J. Manopo membenarkan penangkapan LDS. Ia menjelaskan LDS di tangkap anggotanya saat berada di salah satu Mall yang ada di Kota Jayapura.

“Tiga anggota saya menangkap tersangka saat bersama keluarganya di mall, jadi dia antar keluarganya dulu lalu anggota saya bawa dia ke Polres Jayapura Kota,” kata Steyven, Sabtu (14/6) malam kemarin.

Penetapan tersangka dilakukan, lanjut Steyven, dilakukan setelah pemeriksaan saksi-saksi atas dugaan penipuan terhadap pelapor Jean Paul Kabey sebesar Rp 1,5 miliar. Hasil pemeriksaan para saksi ini, menurut Steyven telah memenuhi unsur-unsur yang kuat.

“Jadi tidak perlu melakukan pemanggilan kepada terlapor yang sekarang adalah tersangka, karena telah ada bukti kuat,” ujar Steyven.

Menurut Steyven, ada keterangan lain lagi dari tersangka kepada penyidik, namun belum bisa di beritahu, karena masih di periksa. “Malam ini masih dilakukan pemeriksaan dan  belum tahu apakah langsung ditahan atau tidak, tergantung hasil pemeriksaan, serta kami masih mencocokkan bukti-bukti dari tersangka dan pelapor,” tegas Steyven.

Sementara itu, Kuasa Hukum LDS, Yuliyanto mempertanyakan diterbitkan surat penangkapan terhadap kliennya dan menyayangkan penangkapan tersebut. “Saya kordinasi dengan penyidik dan saya menyayangkan, karena kami kooporatif, hari ini saya minta dimintai keterangan dulu (Berita Acara Pemeriksaan=BAP – red) agar LDS menceritakan sebenar-benarnya,” kata Yuliyanto.

Hal yang sama di ungkapkan LDS kepada media ini, ia mengatakan dirinya ditangkap dan saat ke Mapolres Jayapura Kota ia didampingi pengacaranya. “Nanti tanya langsung pada Kasat dan Kapolres, saya ditangkap tanpa ada panggilan, mereka langsung main tangkap,” kata LDS.

Kasus ini mencuat setelah seorang pengusaha asal Papua, Jean Paul Kabey  merasa tertipu oleh oknum wartawan LDS, dimana pengusaha tersebut telah mengeluarkan uang sebesar Rp 1,5 miliar guna memenangkan salah satu proyek namun proyek tersebut tak kunjung tiba. Atas dasar inilah korban melapor ke Mapolres Jayapura Kota pada hari Rabu (21/5) lalu. (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA, OKNUM WARTAWAN LDS DITANGKAP