GUBERNUR INSTRUKSIKAN BUPATI BOVEN DIGOEL CARI WAKILNYA

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)

Jayapura, 15/6 (Jubi) – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe menginstruksikan Bupati Boven Digoel, Yesaya Merasi  dan jajarannya untuk segera mencari Wakil Bupati untuk mengisi kekosongan posisi jabatan itu, karena sebelum Oktober mendatang, pelantikan sudah harus dilakukan.

“Saya sudah ultimatum bupati dan DPRD Boven Digoel untuk segera mengisi kekosongan posisi jabatan wakil bupati. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab saudara untuk segera mendorong dan berkoordinasi dengan DPRD agar kekosongan ini dapat terisi,” kata Gubernur Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Jumat (13/6).

Dalam hal penunjukan, ujar Gubernur, harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang belaku. Dimana partai pemenang harus mengusulkan dua nama ke DPRD, kemudian memilih salah satu dari nama tersebut.

“Sebelum Oktober harus sudah ada pengusulan nama wakil bupati. Untuk itu, saya himbau kepada masyarakat, kelompok-kelompok kepentingan segera hentikan semua perjuangan untuk mengajukan wakil bupati karena sesuai mekanisme yang harus mengajukan adalah partai politik pemenang yang dalam hal ini adalah Demokrat,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur Lukas Enembe juga meminta agar bupati dan DPRD untuk segera mengesahkan APBD induk 2015 sebelum Desember mendatang. Jika hal ini tidak dilakukan, maka dana Otsus sebesar 80 persen akan dipotong sebesar 25 persen.

“Kalau pengesahan APBD induk terlambat, maka kami akan potong 25 persen. Jadi diharapkan sebelum Desember 2014 sudah harus disahkan. Hal ini kami juga akan perintahkan kepada seluruh kabupaten/kota yang ada di Papua,” tukasnya.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Lukas Enembe meminta kepada seluruh masyarakat, aparatur pemerintah, aparat keamanan TNI/Polri dan seluruh komponen di Boven Digoel agar bekerjasama dan mendukung kepemimpinan Bupati Yesaya Merasi, agar semua tugas-tugas pemerintahan yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik demi kesejahteraan hidup masyarakat dan kemajuan pembangunan di daerah itu.

“Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bupati selama melaksanakan tugas, yakni agar senantiasa menjaga dan mampu mengendalikan situasi keamanan dan ketertiban di daerah agar tetap aman, kondusif dalam rangka mendukung tugas-tugas pemerintahan, pembangunan terutama dalam pelaksanaan Pilpres 9 Juli mendatang. Untuk itu, seluruh stakeholder harus bekerjasama dengan baik,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel, Ayub Santi mengatakan, arahan gubernur adalah perintah yang harus dilaksanakan. Untuk itu, setelah kembali ke tempat tugas, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan bupati guna membicarakan hal ini.

“Instruksi ini adalah perintah bagi saya, jadi apapun yang disampaikan Bapak Gubernu saya siap laksanakan disana selagi masih ada pemangku-pemangku jabatan yang ada di Boven Digoel, karena kalau saya sendiri tidak mungkin bisa laksanakan itu. Jadi saya minta kepada seluruh stakeholder yang ada di Boven Digoel harus melaksanakan perintah ini bersama-sama,” kata Ayub Santi. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GUBERNUR INSTRUKSIKAN BUPATI BOVEN DIGOEL CARI WAKILNYA