PAPUA DIPASTIKAN IKUT FESTIVAL BUDAYA MELANESIA V DI PNG

share on:
Kepala BPKLN Papua, Suzan Wanggai. (Jubi/Alex)
Kepala BPKLN Papua, Suzan Wanggai. (Jubi/Alex)

Jayapura, 18/6 (Jubi) – Pemerintah Provinsi Papua dipastikan bakal menghadiri Festival Budaya Melanesia (FDM) V, yang akan berlangsung pada 28 Juni sampai dengan 11 Juli 2014, di Pantai Kokopo, Kabupaten Pomio, Provinsi Britania Baru Timur, Papua New Guinea (PNG).

Selain Provinsi Papua, Pemerintah Provinsi Papua Barat, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga akan mengirim delegasinya untuk menghadiri ajang kebudayaan sesama suku bangsa Melanesia

“Delegasi asal Papua yang akan mengikuti FBM sudah siap diberangkatkan. Untuk keberangkatan kita sudah siap, dan terus melakukan koordinasi dengan panitia lokal setempat, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di PNG, juga Kementerian Luar Negeri di Jakarta,” kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzan Wanggai, di Jayapura, Papua, Rabu (18/6).

Dalam festival itu, ujar Suzan, Papua akan menjadi tamu kehormatan pada acara pembukaan nanti. Papua sendiri akan membawa dua tim tari dari Jayapura dan Kabupaten Keerom. Selain itu juga potensi Papua seperti buah merah, batik Papua akan ditampilkan di kegiatan tersebut.

“Jadi, keikutsertaan Papua pada Festival Budaya Melanesia lebih pada kerja sama budaya, dan bagaimana kerja sama yang baik kedepan. Selama ini kan kerja sama kita hanya dengan PNG, bagaimana kita bisa bangun kerja sama dengan Fiji, Salomon, Vanuatu, dan Kaledonia, karena kita semua merupakan satu rumpun Melanesia,” ujarnya.

Ditambahkannya, Gubernur Papua Lukas Enembe juga dipastikan akan menghadiri Festival Budaya Melanesia. Selain itu, ada perwakilan dari beberapa Kabupaten/Kota yang akan ikut.

“Ini momen yang bagus untuk para bupati untuk melihat kegiatan tersebut, sehingga empat tahun berikutnya kita bisa mengirim tim yang sebanyak-banyaknya. Sedangkan untuk peserta dari NTT sudah dikonfirmasi akan nada 15 orang delegasi, kalau Maluku dan Papua Barat kita masih menunggu,” tambahnya.

Festival Budaya Melanesia kelima, baru akan berlangsung pada Juli mendatang di Pantai Kokopo, Kabupaten Pomio, Provinsi Britania Baru Timur, Papua New Guinea(PNG), tapi panitia di sana sudah melakukan persiapan matang menyambut peserta dari Persaudaraan Budaya Melanesia di Pasifik Selatan.

Wilayah Britania Baru terletak di Kepulauan Britania Baru terbagi menjadi dua Provinsi Barat Britania Baru dengan ibukota Rabaul. Sedangkan ibukota Britania Baru Timur adalah Hopkins.

Beberapa waktu lalu tabloidjubi.com pernah berkunjung ke Provinsi Britania Baru Timur, wilayah kepulauan ini memiliki perkebunan kelapa sawit yang besar. Pantai-pantainya sangat indah dan memiliki panorama alam asri. Perjalanan hanya satu jam dengan pesawat milik Air New Guinea dari Lae, Kota Industri terbesar di Papua New Guinea.

Ketua Komite Penasihat, Melanesian Festival Seni dan Topeng Nasional dan Warwagira Festival, John Robin kepada Post Coruier yang dikutip tabloidjubi.com, Senin(19/5) mengatakan pembukaan Festival Melanesia ritual Tumbuan Kinavai dan akan dilanjutkan di depan pantai Karavi di Kokopo.

Melanesian Festival Kelima Seni, Budaya dan Topeng Nasional serta Warwagira Festival menampilkan beberapa budaya topeng unik, selama pembukaan festival Melanesia of Arts di Kokopo pada Juli mendatang.

Ritual tarian masyarakat Tolai, Tumbuan Kinavai akan digelar sebagai penyambutan pejabat dan partisipator dari berbagai negara.

Pada 16 Juli nanti, akan dilakukan pembukaan topeng nasional dan Warwagira Festival dan semuanya akan berlangsung di depan pantai Kokopo. (Jubi/Alex)


Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PAPUA DIPASTIKAN IKUT FESTIVAL BUDAYA MELANESIA  V DI  PNG