KPU PAPUA BELUM AKAN BERHENTIKAN 24 KOMISIONER TERSANGKA PIDANA PEMILU

share on:
Ketua KPU Papua, Adam Ariosoi. (Jubi/Arjuna)
Ketua KPU Papua, Adam Ariosoi. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 19/6 (Jubi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menyatakan belum bisa memberhentikan 24 anggota KPUD kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran Pemilihan Legislatif (Pileg), 9 April lalu.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi beralasan, pihaknya belum dapat memberhentikan para komisoner KPUD di daerah itu lantaran Pemilihan Presiden (Pilpres) sudah tak lama lagi.

Itu kan baru hasil pemeriksaan polisi. KPU kan punya Dewan Kehotmatan Penyelengara Pemilu (DKPP). Selain itu Pilpres sudah dekat, kalau diberhentikan siapa yang akan melaksakan Pilpres di daerah. Sudah tidak cukup waktu. Jadi mereka masih aktif,” kata Adam kepada wartawan, Kamis (19/6).

Menurutnya, ia juga baru mengetahui ada 24 komisioner KPUD kabupaten/kota yan ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Papua. Namun ternyata jumlah itu tak hanya di Papua tapi juga Papua Barat.

Tadi saya tanya Kapolda, dan ternyata 24 orang ini bukan hanya di Papua saja tapi Papua Barat juga. Kami akan melihat seperti apa kesalah yang dilakukan para komisoner KPU di daerah,” ujarnya.

Dikatakan Adam, jika hanya KPU melalakukan kesalahan, berarti Panwaslu juga tak kerja maksimal. Adam juga berharap, dalam Pilpres tak ada lagi anggota KPUD yang melakukan kesalahan.

Sekarang tinggal dua Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres/Cawapres). KPU harus betul-betul netral. Keadilan itu lebih tinggi dari semua. KPU harus benar-benar jujur dan adil sehingga di Pilpres tak ada lagi masalah,” katanya.

Beberapa hari lalu, Polda Papua telah menetapkan 24 komisoner KPUD sebagai tersangka pelanggaran Pileg. Direktur Reskrim Umum Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Dwi Rianto mengatakan, saat ini Polda Papua menangani 13 kasus pelanggaran Pemilu.

Lima kasus ditangani Direktorat Reskrim Umum Polda Papua dan Polres menangani delapan kasus. Lima kasus di antara sudah dalam tahap dua.

Lima orang KPUD Tolikara sudah tersangka, empat anggota KPUD Boven Digoel, lima anggota KPUD Nduga, lima anggota KPUD Puncak Jaya  serta lima anggota KPUD Yahukimo,” kata Dwi. (Jubi/Arjuna) 



Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU PAPUA BELUM AKAN BERHENTIKAN 24 KOMISIONER TERSANGKA PIDANA PEMILU