KOPI BBC WAMENA BERSERTIFIKAT DAN RAMAH LINGKUNGAN

share on:
Simson Yikwa dan rekan-rekannya dari KSU BBC, ketika menunjukkan hasil produksi mereka, di lokasi FDS, khalkote, Minggu (22/6 ). Foto : Albert/Jubi
Simson Yikwa dan rekan-rekannya dari KSU BBC, ketika menunjukkan hasil produksi mereka, di lokasi FDS, khalkote, Minggu (22/6 ). Foto : Albert/Jubi

Sentani, 22/6 ( Jubi ) – Bagi Anda penikmat kopi, Anda sepertinya harus meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke lokasi Festival Danau Sentani ( FDS ), di antai Khalkote, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin ( 23/6 ) besok. Pasalnya, ada salah satu produk kopi  Wamena yang pantas dicoba dan sayang kalau dilewatkan. Namanya Baliem Blue Coffee ( BBC ).

Kopi yang diproduksi oleh sebuah kelompok usaha bersama ini merupakan olahan kopi jenis arabika asal  Baliem,  Wamena, yang berlisensi dan bersertifikat dunia. Produk itu dikelolah secara profesional oleh putra-putri asal Papua dan memiliki cita rasa yang tinggi.

“Kopi ini bersertifikat organik dan mendapat sertifkat ramah lingkungan. Kami juga masuk dalam anggota eksportir kopi Indonesia, dan anggota sejumlah organisasi kopi dunia, yang bersertifikat dan diakui Internasional,” ungkap Simson Yikwa, juru bicara Kelompok Serba Usaha ( KSU ), BBC, kepada tabloidjubi.com, di Pantai Khalkote, Minggu (22/6 ).

Karena kualitasnya yang terjamin, kata Simson, ada 32 negara yang ingin menjadi mitra KSU BBC untuk melayani permintaan ekspor kopi arabika asal Wamena ini. “Kami sudah ekspor ke 32 negara, tapi masih dalam skala kecil. Kami berharap, BBC ini juga bisa berkembang dan menjadi besar di Indonesia, terlebih khusus di Papua,” tandasnya.

Dengan memiliki 20 orang tenaga kerja dan puluhan tenaga kontrak lapangan, lanjut Simson, usaha kopi yang mereka kerjakan ini menjadi mata pencaharian yang cukup menjanjikan, apalagi sudah berhubungan dengan lintas negara.  Untuk itu, dia berharap mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi, agar brand mereka semakin menjalar dan berkembang di Papua.

Sementara itu, Sokrates Aweri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua, mengakui usaha yang dijalankan KSU BBC di bidang produksi kopi Arabica asal Wamena itu cukup membanggakan masyarakat Papua.

“Papua tentu bangga karena memiliki generasi yang mampu mengembangkan potensi lokal yang ada, hingga ke mancanegara,” ujarnya.

Sokrates  menilai produk kopi yang dihasilkan KSU BBC sangat prospektik dan sangat menjanjikan. “Apalagi ditunjang oleh Pemerintah melalui pendanaan dan aturan-aturan yang kuat untuk mendorong usaha-usaha seperti ini, maka akan memberikan harapan pertumbuhan ekonomi rakyat semakin baik,” kata dia. ( Jubi/Albert )

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KOPI BBC WAMENA BERSERTIFIKAT DAN RAMAH LINGKUNGAN