SEKDA PAPUA : PNS JANGAN COBA-COBA MINTA JABATAN

share on:
Pelantikan Pejabat Eselon IV Di Lingkungan Biro Humas dan Protokoler Papua. (Jubi/Alex)
Pelantikan Pejabat Eselon IV Di Lingkungan Biro Humas dan Protokoler Papua. (Jubi/Alex)

Jayapura, 26/6 (Jubi) – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen meminta para pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan pemerintah Provinsi Papua, untuk tidak meminta-minta jabatan. Tetapi bekerjalah dengan baik agar jabatanlah yang mencarinya.

“Jangan coba-coba meminta jabatan, saya beberapa bulan terakhir usir banyak orang karena datang meminta jabatan. Saya tidak mau orang meminta jabatan, mohon maaf karena saya tidak pernah minta jabatan, harus jabatan yang mau minta kita, karena itulah tanggungjawab,” kata Hery saat melantik lima pejabat eselon IV di lingkungan Biro Humas dan Protokoler, di Aula Dinas Infokom Jayapura, Papua, Kamis (26/6).

Menurut Hery, seluruh pegawai harus memahami hal itu, karena dalam pelaksanaan tugas semua adalah abdi negara dan masyarakat. “Yang paling utama, kita adalah pelayan, bagaimana melayani masyarakat. Ketika saya dilantik, pertama saya memberikan sambutan waktu itu saya sempat mengatakan, tidak ada PNS yang lebih hebat dari PNS lainnya, tidak ada PNS yang lebih penting dari PNS lainnya. Kita semua, yang membedakan adalah tugas dan tanggungjawab yang tertera di struktur organisasi yang ada. Itu yang membedakan kita,” paparnya.

Untuk itu, kata Hery, seluruh pegawai harus membangun kesan baik dalam menjalankan tugas, bekerja dengan tulus dan jangan pernah sombong serta tidak dalam pengaruh minuman keras (mabuk) saat jam kerja.

“Mungkin dalam ajaran agama, Pastor ada, Pendeta ada, Ustad ada, di situ dikatakan, kalau orang sombong sudah mencuri kemuliaan Tuhan. Jadi bapak ibu berlima yang baru dilantik jangan pernah sombong. Sombong itu suatu saat kita akan jatuh dan terkapar, kita harus rendah hati tapi tetap berkualitas,” ujarnya.

Terkait dengan pelantikkan, kata Hery, ini memang agak terlambat terkait dengan kelembagaan, tetapi harus dimaklumi bersama karena ada perubahan nomenkelatur perturan daerah yang tentunya disetiap ada kepemimpinan yang baru pasti ada kebijakan-kebijakan yang baru dalam menempatkan personil dalam struktur organisasi yang ada.

Hery berharap, seleuruh pegawai tetap dalam bingkai pemerintahan saat ini, dengan berbagai kebiajakan yang cukup fantastis yang orientasinya pada masyarakat. “Kita harus menangkap semuanya dengan cepat. Jangan sampai gubernur sudah 10 langkah kita baru dua langkah. Kalau gubernur 10 langkah, kita harus lebih 20 langkah dari beliau,” katanya.

Sehingga, kata Hery, dirinya berharap kepada semua PNS dan semua secara struktural, secara ekselonering, baik ekselon II, III dan IV sama-sama seiring sejalan. “Para eselon IV yang baru dilantik saya harap saudara bisa mengatur staf yang ada di dalam, secara struktural juga saudara memberikan laporan koordinasi kepada pejabat di atasnya,” katanya.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Papua, F.X Mote mengatakan, yang pasti ini sudah memenuhi syarat untuk bisa melakukan beberapa kegiatan sebagai tanggungjawab di Biro Humas. Sebab beberapa saat terakhir ini, pihaknya belum bisa berjalan, karena pejabatnya belum dilantik.

“Dilantiknya beberapa pejabat, dalam waktu beberapa minggu ke depan konsolidasi tugas akan kami laksanakan. Setelah itu, sudah banyak pekerjaan terkait dengan pihak-pihak lain di luar kita, baik itu tugas intern maupun hubungan dengan pihak lain sudah pasti dikerjakan,” kata Mote. (Jubi/Alex)


Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SEKDA PAPUA : PNS JANGAN COBA-COBA MINTA JABATAN