OPERASI MIRAS: 100 POHON KELAPA PENAMPUNG SAGERO AKAN DIPOTONG

share on:
Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Muhzin Neungkela . (JUBI/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi (27/6)– Polres Merauke terus menggalakkan  operasi penertiban minuman keras (miras) jenis sopi. Operasi penertiban tidak hanya dilakukan di perkotaan, tetapi juga hingga  ke kampung-kampung terdekat. Sasaranya tidak hanya sopi yang sudah siap jual, tetapi juga pohon kelapa penampung  sagero.

Misalnya saja operasi polisi di Kampung Onggaya, Distrik Naukenjerai. Di kampung ini tim gabungan dari Polres bersama tokoh adat setempat menertibkan pohon kelapa di perumahan penduduk yang menampung sagero.

Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Muhzin Neungkela kepada tabloidjubi.com mengatakan, operasi penertiban miras lokal  memang dilakukan hingga di Kampung Onggaya.

“Memang sasaran kami adalah pohon kelapa yang ada. Karena biasanya orang menggantung jerigen di mayang kelapa untuk menampung sagero,” katanya.

Sagero,  kata Muhzin, menjadi bahan baku untuk memproduksi miras jenis sopi. Dari hasil operasi yang dilakukan tim gabungan, kata Muhzin, sebanyak 100 mayang pohon kelapa dipotong karena  ditemukan ada jerigen sebagai penampung sagero di pohon kelapa tersebut.

“Kami mendapatkan informasi dari masyarakat jika di kampung tersebut, menggantung jerigen di pohon kelapa,” ujarnya.

Dengan kegiatan operasi miras lokal itu, lanjut dia, tujuh warga setempat telah didata dan akan dipanggil oleh Polsek Onggaya untuk diperiksa. Selanjutnya, mereka akan membuat pernyataan secara tertulis agar tidak melakukan kegiatan seperti itu lagi.

“Jika masih ditemukan, akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata dia.

Ditambahkan Muhzin, pihaknya telah meminta para tokoh adat di Kampung Onggaya membantu mengingatkan  masyarakat setempat agar tidak mengantung jerigen di pohon kelapa sekaligus menampung sagero.

Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan, menambahkan,operasi penertiban miras tidak hanya dilakukan satu atau dua kali dalam sebulan, tetapi rutin tiap minggu. “Fokus operasi adalah miras jenis sopi. Karena itu sering dibeli dan dikonsumsi warga tertentu,” kata Richard. (Jubi/Frans L Kobun)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  OPERASI MIRAS: 100 POHON  KELAPA PENAMPUNG SAGERO AKAN DIPOTONG