JELANG 1 JULI, POLDA PAPUA SIAGA SATU

share on:
Kapolda Papua, Irjen (Pol) Tito Karnavian (Jubi/Indrayadi TH)
Kapolda Papua, Irjen (Pol) Tito Karnavian (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura, 30/6 (Jubi) – Jelang hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 68 (1/7) mendatang yang juga diklaim sekelompok masyarakat di Papua sebagai hari Berdirinya Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kepolisian Daerah (Polda) Papua memberlakukan status siaga satu.

“Kita berlakukan status siaga, siaga lah pokoknya, antara siaga tingkat satu maupun status siaga tingkat dua,” tegas Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Tito Karnavian saat ditemui wartawan usai memimpin upacara kenaikan pangkat di Mapolda Papua, Senin (30/6).

Ia mengklaim sampai saat ini belum ada gangguan keamanan menjelang 1 Juli di Papua, pihaknya menyatakan akan menindak tegas apabila ada pengibaran bendera Bintang Kejora.

“Sampai sekarang masih aman, kalau ada pengibaran bendera kita prinsipnya nanti, kita lakukan langkah-langkah persuasif, agar tidak terjadi konflik. Namun kalau situasinya kacau,  bisa akan ditindak,” ujar Kapolda.

Untuk mengantisipasi gangguan, dikatakan Kapolda, pihaknya telah menyiapkan 2/3 kekuatan hingga separuh kekuatan Polda Papua atau setara 7.000 personel Polri. ”Ya kalau kekuatan kita 14.000, setengahnya bisa 7.000 personel,” ujarnya.

Menurut Kapolda, peringatan HUT Bhayangkara akan dilakukan syukuran dan pihaknya akan mengundang Gubernur Papua, Lukas Enembe, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Christian Zebua, serta pejabat DPRP maupun MRP.

“Nanti ada atraksi dari Bhayangkari Cilik, lalu penyerahan penghargaan kepada anggota Polri maupun TNI yang selama ini mendukung tuga-tugas Polri. Kemudian dilanjutkan hingga buka puasa bersama,” katanya.

Sedangkan untuk peringatan HUT Bhayangkara di Polres-Polres, Kapolda menyatakan akan menyerahkan kepada masing-masing Kapolres. ”Untuk Polres-Polres, saya serahkan kepada Kapolres, apakah nanti ada upacara atau Cuma syukuran, kalau di Manokwari nanti pa Wakapolda yang pimpin langsung,” ujarnya. (Jubi/Indrayadi TH)

 

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  JELANG 1 JULI, POLDA PAPUA SIAGA SATU