KPU YALIMO MULAI DISTRIBUSIKAN LOGISTIK PILPRES

share on:
Pengepakan logistik Pilpres yang dilakukan KPU Yalimo sebelum di distribusikan. (Jubi/Islami)
Pengepakan logistik Pilpres yang dilakukan KPU Yalimo sebelum di distribusikan. (Jubi/Islami)

Wamena, 3/7 (Jubi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo mulai melakukan pendistribusian logistik, jelang pemilihan Presiden 9 Juli mendatang ke berbagai PPD hingga ke tingkat KPPS di seluruh wilayah Yalimo.

Pendistribusian dimulai KPU Yalimo mulai Kamis (3/7) ke berbagai titik di lima distrik yang ada, baik melalui jalur darat maupun yang harus menggunakan transportasi udara.

Sebelum dilakukan pendistribusian logistik, sehari sebelumnya Rabu (2/7) KPU Yalimo melakukan pengepakan logistik di hadapan seluruh komisioner KPU, Panwas Yalimo dan juga pihak Kepolisian di Sekretariat KPU Yalimo di Wamena.

Ketua KPU Yalimo, Yanes Alitnoe mengatakan, KPU mempunyai tugas dan wewenang yang harus dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang nomor 15 tahun 2011 pasal 10, terkait tugas dan wewenang KPU kabupaten/kota dalam melaksanakan setiap tahapan  dalam penyelenggaraan Pilpres.

“Semua tahapan sudah kami lewati, sekarang masuk dalam tahapan pendistribusian logistik sebagaimana diatur dalam Undang-undang 42 tahun 2008 tentang Pilpres, kemudian tahapan  dan jadwal sesuai dengan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU)  nomor 4 tahun 2014,” jelas Alitnoe kepada wartawan usai pengepakan logistik.

Menurutnya, pendistribusian logistik harus dilakukan sesuai jadwal dan tahapan yang dibuat KPU RI, karena KPU kabupaten/kota mempunyai tanggungjawab untuk menjabarkan program dan jadwal dari KPU RI.

“Ini dilakukan agar seluruh tahaan Pilpres berjalan baik, karena yang namanya pemilu itu ada unsur efektif dan efisien yang tidak boleh terhambat dan terlambat,” katanya.

Maka dari itu KPU Yalimo telah melakukan penyortiran dan dipastikan bahwa semua logistik pilpres di Kabupaten Yalimo dinyatakan lengkap, sehingga Kamis (3/7) mulai mendistribusikan dari KPU ke PPD.

Diakuinya, pendistribusian diawali di daerah yang sulit dijangkau dan hanya menggunakan pesawat udara, di mana ada tiga distrik yang harus melalui jalur udara yaitu Distrik Apalasili, Benawa dan Welarek.

“Di Distrik Apalapsili 1 titik dan Distrik Welarek 3 titik mulai didistribusikan, sedangkan untuk Benawa direncanakan hari Jumat 4 Juli 2014 baru didistribusikan,” ujarnya.

Pada saat penyortiran dan pengepakan Yanes Alitnoe mengakui, jika seluruh kertas surat suara dan logistik yang akan digunakan dalam kondisi baik, lengkap dan siap digunakan pada hari H pencoblosan.

Disisi lain anggota Panwas Yalimo devisi penanganan dan pelanggaran, Oscar Walela mengatakan, tahapan yang dilakukan KPU sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan KPU pusat.

“Kami melihat semuanya sudah sesuai tahapan, meskipun kami belum mendapatkan datanya mengenai tim pemenangan peserta Pilpres, karena itu kami mengharapkan beberapa hari ke depan sebelum hari H, tim pemenangan dari partai politik pendukung, melapor dan memberikan data mengenai nama-nama tim, sehingga lebih mudah diakomodir dan dipantau,” tegas Oscar. (Jubi/Islami)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU YALIMO MULAI DISTRIBUSIKAN LOGISTIK PILPRES