UNTUK IDUL FITRI, BI PAPUA SIAPKAN DUA TRILIUN LEBIH

share on:
Ilustrasi pecahan Rp. 20 ribu. (IST)
Ilustrasi pecahan Rp. 20 ribu. (IST)

Jayapura, 3/7 (Jubi) – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua menyatakan menyiapkan uang sebesar Rp. 2,1 triliun menjelang Idul Fitri mendatang. Uang tersebut guna mengantisipasi kenaikan permintaan penukaran uang baru dan pecahan kecil dari masyarakat.

Kepala Perwakilan BI Papua dan Papua Barat, Hasiholan Siahaan mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari dua triliun lebih uang pecahan besar atau Rp. 20.000 keatas dan Rp. 50 milyar uang pecahan kecil atau Rp. 10.000 kebawah.

“BI memperkirakan penukaran uang di kantor perwakilan BI Papua dan Papua Barat akan cukup tinggi. Selain itu kebutuhan uang tunai untuk lebaran kali ini akan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Pertimbangannya, libur lebaran tahun ini berdekatan dengan libur sekolah, serta pembayaran gaji 13 PNS, TNI dan Polri, “ kata Hasiholan Siahaan, Rabu (3/7).

Selain itu menurutnya, guna mengatisipasi tingginya kebutuhan masyarakat terhadap uang rupiah selama bulan Ramadhan, jadwal penukaran uang bagi masyarakat ditambah satu hari yakni Selasa.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan melakukan pelayanan kas luar kantor berupa kas keliling dan kas titipan. Ini guna memperluas kas bagi masyarakat. Jadi tidak hanya di lingkungan kantor perwakilan BI Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Salah satu warga Perumnas I Waena, Kota Jayapura, Saodha mengatakan, setiap menjelang Idul Fitri, ia selalu menukar uang kecil dan uang baru di bank.

“Tujuannya untuk diberikan kepada anak-anak tetangga, keluarga dan kerabat lainnya jika ada yang datang berkunjung ke rumah. Kan anak-anak kecil biasanya senang kalau dikasi uang baru,” kata Saodha. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  UNTUK IDUL FITRI, BI PAPUA SIAPKAN DUA TRILIUN LEBIH