PEMKAB JAYAPURA USULKAN PEMEKARAN DISTRIK SENTANI

share on:
Bupati Kabupaten Jayapura
Bupati Kabupaten Jayapura

Sentani, 3/7 ( Jubi ) — Pemerintah Kabupaten Jayapura, dalam waktu dekat akan melakukan pemekaran distrik dan kampung. Salah satu  distrik yang akan dimekarkan adalah Distrik Sentani, yang akan dimekarkan jadi dua yakni Distrik Sentani dan Distrik Nolobhu. Dengan demikian, jumlah distrik di Kabupaten Jayapura, akan bertambah menjadi 20 distrik.

“ Proses ini nanti diusulkan kepada Gubernur, lalu  diregistrasi. Setelah memperoleh nomor register, baru disahkan,” ungkap Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, usai melantik Kepala Kampung Yobeh, di Sentani, Kamis ( 3/7 ).

Mathius mengatakan, pemakaran distrik dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik agar lebih baik. Menurut Mathius, wajar Distrik Sentani dimekarkan,  mengingat wilayahnya yang sangat luas.

“Nantinya bukan hanya Distrik Sentani yang dimekarkan, tetapi juga distrik lain. Dari waktu ke waktu pasti ada perkembangan-perkembangan, seiring dengan bertambahkan penduduk dan juga dengan pertimbangan jarak dan tempat,” tutur Bupati Kabupaten Jayapura.

Distrik Nolobhu, kata Bupati Jayapura, dinilai memenuhi syarat untuk dimekarkan karena kampung yang masuk dalam calon distrik baru itu jumlahnya ada delapan.  Selain distrik, kata Mathius, kampung-kampung nantinya juga akan dimekarkan.

Sementara itu, Kepala Kampung Yobeh yang baru dilantik, Sostinus Sokoy, mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk memekarkan Distrik Nolobhu dan sejumlah kampung.

“Dengan adanya pemekaran, tentunya pelayanan publik akan semakin baik dan dirasakan dengan baik juga oleh masyarakat,” ungkap Sostinus. ( Jubi/ Albert )

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKAB JAYAPURA USULKAN PEMEKARAN DISTRIK SENTANI