LEMBAGA KEAGAMAAN DI PAPUA SERUKAN PILPRES JURDIL

share on:
Ilustrasi Pemilu 2014 (beritakendal.com)
Ilustrasi Pemilu 2014 (beritakendal.com)

Jayapura, 7/7 (Jubi) – Sinode Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua menyerukan kepada umatnya yang ada di Papua dan Papua Barat agar menggunakan hak suaranya secara bertanggungjawab dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang dan tidak terlibat kampanye hitam serta serta berani menolak segala macam kecurangan guna memuwujudkan Pilpres yang jujur dan adil (jurdil).

Ketua GKI di Tanah Papua, Pendeta Albert Yoku dalam seruannya meminta umat GKI di Bumi Cenderawasih agar menjunjung tinggi kehidupan moral dan etika diatas dasar Iman Kristiani, berani dan tegas menolak segala macam kecurangan dalam Pilpres, termasuk money politik.

“Mari ikut memberikan suara kepada calon pemimpin yang telah teruji kejujurannya dan keberaniannya serta sederhana, bersahaja dan yang melihat permasalahan bangsa dengan nurani,” kata Albert Yoku, Senin (7/7).

Menurutnya, umat GKI di Tanah Papua juga jangan terlibat politik praktis dan menghindari penonjolan lambang-lambang atau atribut agama, kelompok, suku  atau ras sebagai bentuk fanatisme bernuansa SARA yang bisa berakibat pertikaian atau konflik dalam masyarakat.

“Kami berharap, semua umat Kristiani di tanah Papua bersama berdoa agar Tuhan menolong kita dalam memilih pemimpin yang takut akan Tuhan, sehingga menjadi berkat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu Komando Daerah Militer (Kodam) XVII Cenderawasih meningkatkan status menjadi siaga satu, pasca ancaman penyerangan melalui pesan singkat lewat telepon seluler dan video pernyataan dari kelompok Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di bawah pimpinan Panglima Divisi VII Lapago, Erimbo Enden Wanimbo.

Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua menegaskan dalam rangka peningkatan status keamanan, pihaknya telah menggeser ribuan personil ke sejumlah titik rawan di Papua.

“Kami juga menyiapkan pasukan cadangan 9 Satuan Setingkat Kompi atau sekitar 7200-an personil,” kata Pangdam dalam teleconfrence yang digelar di Makodam XVII Cenderawasih, Minggu (6/7). (Jubi/Arjuna) 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LEMBAGA KEAGAMAAN DI PAPUA SERUKAN PILPRES JURDIL