DINKES DEIYAI KOMITMEN AKAN MELAKUKAN PENYULUHAN KESEHATAN

share on:
Agus Pekei, Kabid P2PL Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Deiyai (Jubi/Ones Madai)
Agus Pekei, Kabid P2PL Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Deiyai (Jubi/Ones Madai)

Deiyai, 8/7 (Jubi) – Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai terus berkomitmen akan melakukan penyuluhan tentang penyakit HIV/AIDS dan beberapa penyakit lainnya, termasuk masalah kekuarangan gizi. Penyuluhan ini merupakan program pertama telah dilewati pekan lalu.

“Sebenarnya kami ingin lakukan penyuluhan sekali dalam per semester, namun banyak hambatan yang kami dapat dalam penyuluhan yang lalu,” kata Agus Pekei, Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, di ruang kerjanya di Wakeitei, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Selasa (8/7).

Menurut Agus, hambatan yang tim hadapi selama proses penyuluhan berlangsung adalah terkait kendaraan. “Jadi tempat yang jaraknya sangat jauh dari kota sulit dijangkau. Orang berjalan dengan kendaraan. Apalagi, Deiyai kendaraannya tidak begitu ramai,” ungkapnya.

Agus mengatakan, selama pelaksanaan penyuluhan masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan ini. “Banyak masyarakat yang ikut terlibat dalam penyuluhan tersebut. Jadi, semoga kedepan pemerintah daerah bisa memperhatikan kegiatan ini,” katanya.

Apabila anggaran mendukung dalam tahun ini, kata Agus, maka dirinya komitmen akan melakukan penyuluhan yang kedua kalinya. “Tapi kalau tidak ada dana, pasti tahun depan baru kegiatan penyuluhan ini bisa berjalan. Saya berharap, untuk waktu yang mendatang semoga puskemas pembantu bisa berjalan secara efektif. Kita punya Puskemas Pembantu, jadi semoga saja bisa berjalan dengan normal,” harapnya

Salah satu warga yang selalu aktif dalam penyuluhan tersebut, Derika Pekei mengatakan, dirinya sangat antusias dengan penyuluhan ini. Sebab, tidak hanya penyuluhan tetapi ada pengobatan massal di tempat penyuluhan tersebut. “Saat pelaksaan penyuluhan, kami tidak repot lagi ke pergi Puskesmas. Cukup ambil obat di tempat penyuluhan,” katanya. (Jubi/Ones Madai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DINKES DEIYAI KOMITMEN AKAN MELAKUKAN PENYULUHAN KESEHATAN