RIBUAN PRAJURIT KODAM CENDERAWASIH PERINGATI NUZULUL QUR’AN 1435 H

share on:
Pangdam XVII Cenderawasih saat menghadiri peringatan Qur’an 1435 Hijriah-2014 Masehi di Lapangan Denzipur 10-KYD Waena, Kota Jayapura (Doc.Pendam Cenderawasih)
Pangdam XVII Cenderawasih saat menghadiri peringatan Qur’an 1435 Hijriah-2014 Masehi di Lapangan Denzipur 10-KYD Waena, Kota Jayapura (Doc.Pendam Cenderawasih)

Jayapura, 14/7 (Jubi) – Ribuan prajurit Kodam XVII Cenderawasih menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 1435 Hijriah (2014 Masehi) di Lapangan Denzipur 10/KYD Waena, Kota Jayapura, Senin (14/7). Selain  Pangdam Cenderawasih dan prajurit TNI, kegiatan itu juga dihadiri tokoh agama, anak yatim, ormas, dan para anggota  Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Dalam Peringatan Nuzulul Qur’an  bertema “Dengan  hikmah puasa  Ramadhan  dan  Nuzulul  Qur’an tahun 1435H / 2014  M  Kita  Mantapkan  Keimanan dan Ketaqwaan  Prajurit  TNI  kepada  Allah SWT,  sebagai  Landasan  Moral  dalam  Pelaksanaan  Tugas dan Pengabdian” itu, Pangdam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua  mengatakan Al-Qur’an sebagai Kalam Ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW  mengandung petunjuk untuk menjadi pegangan bagi kita yang ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

“Sebagai pedoman hidup, Al-Qur’an  memuat petunjuk  untuk  memecahkan dan  mengatasi  berbagai permasalahan yang dihadapi oleh umat manusia, baik yang berkaitan dengan persoalan pribadi, keluarga, maupun persoalan yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Pangdam saat kegiatan tersebut yang juga di gelar buka puasa bersama, Senin (14/7) petang.

Dengan membaca Kitab Suci Al-Qur’an yang disertai pemahamannya, menurut Pangdam, juga akan dapat memberikan ketenangan batin dalam menghadapi berbagai permasalahan. Pangdam  mengimbau seluruh  prajurit  dan pegawai  negeri  sipil di jajaran Kodam XVII Cenderawasih yang beragama Islam agar sering membaca Al-Qur’an khususnya pada bulan Ramadhan, agar dapat  memahami dengan sungguh-sungguh semua ajaran yang terkandung di dalam Al-Qur’an.

“Al-Qur’an juga sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup hubungan kita sebagai prajurit dengan segenap unsur pimpinan dan rekan sejawat, maupun kita sebagai prajurit dengan masyarakat di sekitar kita, yang apabila dilakukan tentu pada gilirannya akan memberi ketenangan serta kedamaian,” ujarnya.

Dikatakan Pangdam, jiwa yang terbentuk dari tuntunan Al-Qur’an juga akan dapat menuntun prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan sebelas  azas kepemimpinan, agar mampu meningkatkan keyakinan dan persatuan antara TNI-Rakyat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini juga diisi dengan siraman rohani yang disampaikan KH. Mohammad Sholeh dan diakhiri dengan buka puasa bersama dan  pemberian santunan kepada anak yatim dan  para veteran. (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RIBUAN PRAJURIT KODAM CENDERAWASIH PERINGATI NUZULUL QUR’AN 1435 H