YOPI KILANGIN PIMPIN KONI MIMIKA

share on:
Ketua KONI Mimika terpilih,  Drs. Yoseph Yopi Kilangin (Jubi/Istimewa)
Ketua KONI Mimika terpilih, Drs. Yoseph Yopi Kilangin (Jubi/Istimewa)

Timika, 21/7 (Jubi) — Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) II KONI Mimika, yang diselenggarakan Sabtu -Minggu (19-20/7)/2014)  akhirnya memilih Drs. Yoseph Yopi Kilangin sebagai Ketua Umum (Ketum) KONI Kabupaten Mimika, masa bakti 2014 – 2018.

Hadir dalam Musorkan II Koni Mimika tersebut antara lain Wakil Ketua Umum KONI Provinsi Papua Kenius Kogoya S. Sos dan  beserta rombongan KONI Papua, Asisten 1 Setda Mimika, SKPD – SKPD, para pengurus cabang olahraga  se-Mimika,  dan  para tamu undangan lainnya.

Pada pemilihan ketua umum, para kandidat calon satu per satu memyampaikan visi dan misinya. Namun, saat  menyampaikan visi dan misi, salah satu kandidat, Dantje Nere, S.Sos. M.Si., menyatakan  mundur sebagai calon ketua umum KONI Mimika, sehingga hanya ada dua calon ketua umum. Yakni, Drs. Yoseph Yopi Kilangin, dan Petrus Yumte, SH. M.Si.,

Pada perhitungan suara, Yoseph Yopi Kilangin memperoleh dukungan 26 suara, sedangkan  Petrus Yumte  9 suara. Dengan begitu, Yopi Kilangin dinyatakan dapat mengambil alih sebagai pimpinan formatur KONI Kabupaten Mimika.

Ketika memberikan sambutan usai terpilih sebagai ketua umum KONI Mimika, Kilangin  mengatakan langkah praktis yang perlu dilakukan untuk membuat perubahan dalam dunia olahraga di daerah ini adalah melakukan konsolidasi organisasi, baik internal kepengurusan maupun konsolidasi  di semua cabang olahraga.

“Untuk menuju perubahan dalam organisasi ini, harus memilki anggaran yang cukup besar, dan tidak hanya mengharapkan dana hibah yang setiap tahunnya diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika,” kata dia.

Yopi Kilangin mengatakan ia akan menggali potensi pendanaan yang bisa diraih sehingga semua cabang olahraga  bisa berkembang. “Tugas kita adalah bagaimana menjadi motor penggerak untuk memanfaatkan sumber-sumber yang ada. Sistem penganggaran harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada rasa diskriminasi atau perbedaan antara cabor satu dengan cabor lainnya,” katanya.

Terkait ditunjukknya Mimika sebagai daerah yang akan menjadi tuan rumayh PON 2020 mendatang, Yopi Kilangin mengatakan pihaknya akan bekerja keras agar bisa menjadi tuan rumah yang baik. Antara lain dengan segera menyiapkan dan melengkapi semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh seluruh cabor.

Yopi menambahkan, ke depan dirinya akan berupaya untuk menghidupkan seluruh cabor. Menurut Yopi cabor yang vakum harus dihidupkan kembali. Apalagi,  potensi atlet di daerah ini sangat besar sehingga  bisa memberikan pengaruh besar bagi perkembangan di daerah.

Dalam sambutannya  Waketum KONI Papua Kenius Kogoya mengatakan, peran KONI Mikika sangat penting untuk mendukung terlaksana dan suksesnya PON XX ahun 2020 mendatang.  Menurut Kenius Kogoya, ditunjuknya Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON 2020 merupakan  bentuk pesan yang sangat luar biasa.

“Karena pada PON 2020 di Papua ini baru pertama, sedangkan di provinsi yang lain sudah melaksanakan beberapa kali. Kita patut bangga atas apa yang sudah diperjuangkan oleh Bapak Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe selaku Ketua Umum KONI Provinsi Papua bersama Bapak Wagub Provinsi Papua Klemen Tinal sehingga Papua bisa resmi menjadi tuan rumah, setelah beberapa provinsi lainnnya mengajukan untuk menjadi tuan rumah,” kata Kenius.  (Jubi/Eveerth)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  YOPI KILANGIN PIMPIN KONI MIMIKA