LIMA ANGGOTA KSB DIDUGA TEWAS KETIKA BAKU TEMBAK DENGAN TNI

share on:
Ilustrasi Penembakan Papua. (IST_
Ilustrasi Penembakan Papua. (IST)

Jayapura, 1/8 (Jubi) – Sebanyak lima anggota kelompok sipil bersenjata (KSB) di wilayah Lanny Jaya, Papua tewas ketika baku tembak dengan anggota TNI di Distrik Pirime, Lanny Jaya, Jumat (1/8) sekitar pukul 11.00 WIT. Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua membenarkan adanya aksi baku tembak tersebut. Namun, soal informasi lengkapnya ia masih menunggu laporan resmi anak buahnya dari lapangan.

“Iya benar ada baku tembak. Laporan sementara yang saya terima, lima anggota KSB tertembak. Tapi korban yang jatuh dari pihak mereka belum bisa dipastikan jumlahnya,” kata Pangdam ketika dikonfirmasi wartawan via selulernya, Jumat (1/8).

Menurut Panggdam,  dua anggota TNI juga terserempt peluru ketika baku tembak terjadi. Salah satunya Prajurit Satu (TNI) Rohman Caraka, anggota Yonif 756/WMS terkena serpihan peluru dibagian pantat.

“Aksi baku tembak terjadi ketika pasukan TNI dari Batalyon Infantri 756 Wi Mane Sili dan Anggota Kodim 1702 Jayawijaya sedang menuju Pos Komando Taktis di Lany Jaya,” ujarnya.

Dikatakan, pasukan TNI lalu dihadang oleh KSB  yang diduga pimpinan Enden Wanimbo, Rambo Wenda dan Puron Okiman Wenda, yang selama ini disinyalir melakukan serangkaian aksi penyerangan.

“Kontak senjata pun tak terhindarkan. Sampai saat ini laporan yang saya terima baku tembak masih terjadi,” katanya.

Sementara itu, orang yang mengklaim dirinya sebagai Puron Okiman Wenda, pimpinan KSB wilayah Lanny Jaya dan sekitarnya, membantah jika ada anggotanya yang tertembak.

“Tidak ada anak buah yang tewas kena tembak.Yang benar, honai atau rumah adat kami yang dibakar oleh TNI,” kata  Puron Wenda via selelurenya kepada wartawan. (Jubi/Arjuna)

 

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LIMA ANGGOTA KSB DIDUGA TEWAS KETIKA BAKU TEMBAK DENGAN TNI