DPR PAPUA AKAN BENTUK PANSUS KASUS LANNY JAYA

share on:
Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni. (Jubi/Arjuna)
Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 2/8 (Jubi) – Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni menyatakan pihaknya berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mencari tahu motif dan penyelesaian penembakan oleh Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) di Lanny Jaya pekan ini terhadap anggota polisi dan TNI yang bertugas di sana.

“DPR Papua memang merencanakan pembentukan Pansus. Namun kabarnya Kapolda, Pangdam, dan Bupati Lanny Jaya telah melakukan pertemuan. Kami akan menunggu dulu hasil seperti apa. Setelah itu kami akan berkoordinasi mengenai pembentukan Pansus,” kata Deerd, Sabtu (2/8).

Menurutnya, meski mendukung langkah penegakan hukum oleh pihak kepolisian, namun Deerd meminta agar aparat keamanan berkoordinasi terlebih dahulu dengan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di Lanny Jaya.

“Ini agar masyarakat yang tak tahu masalah tak jadi korban dan siapa yang bertanggung jawab di balik penembakan itu bisa diketahui jelas. Jika memang salah, lakukan penegakan hukum. Jangan hanya pelaku, tapi juga siapa yang ikut membantu,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat juga perlu pro aktif membantu menyelesaikan masalah di Lanny Jaya. Jangan menutupi jika tahu siapa dibalik aksi kekerasan itu.

Kata Deerd, jika aksi serupa terus berlanjut, tentu akan akan menghambat pembangunan dan perekonomian di wilayah itu.

“Papua merdeka atau tidak, itu kembali kepada kita. Bagaimana kita menyikapinya. Kekerasan tak akan menyelesaikan masalah,” katanya. (Jubi/Arjuna)



Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPR PAPUA AKAN BENTUK PANSUS KASUS LANNY JAYA