MENGHIANATI FIJI,PNG KEKUATAN BARU DI PASIFIK

share on:
Pertemuan PIF(Google)
Pertemuan PIF(Google)

Suva,4/8(Jubi)—Pemerintah PNG mengingkari komitmen mendukung Kaliopate Tavola kandidat yang di usung Fiji untuk memegang kendali banyak posisi teratas dalam pekerjaan regional.

Pengingkaran kesepakatan dalam solidaritas MSG itu terjadi di Pacific Island Forum (PIF) yang berlangsung 29 July hingga 1 Agustus di Palau.

Setelah mengatakan ya kepada Pemerintah Fiji, Salomons Island dan Vanuatu dalam solidaritas MSG, PNG mengusung kandidatnya sendiri, Dame Taylor,  mantan karyawan Band Dunia untuk Sekretaris Jendral Pacific Island Forum.

Jurnalis senior, Nemani Delaibatiki, menulis rincian mengenai pengikaran itu. Ia mengatakan pengikaran terlihat usai kandidat yang diusung PNG memenangkan pemungutan suara dalam pertemuan PIF minggu lalu.

Menurut Nemani, PNG mampu mengamankan  situasi genting pemungutan suara dengan tawaran uang tunai 500 kina (F$372,2 M) untuk membantu negara-negara kecil di kepulauan yang tergabung dalam PIF.

Desember tahun lalu, para menteri luar negeri MSG bertemu di Port Vila, Vanuatu dan PNG memimpin MSG. Kemudian, Mereka menyetujui mengusung Mr. Tavola dari Fiji sebagai Sekretaris Jenderal PIF. MSG mempunyai kepentingan umum lobi kepada kelompok. Semua menyatakan pendapat Mr Tavola mempuyai pengalaman kerja di wilayah regional dan di luar kawasan.

Usulan memilih Mr Tavola itu kemudian datang dari Deputi Perdana menteri Vanuatu dan Menteri Urusan Luar Negeri Edward Natapei dan didukung Salomons dan PNG.

Usai pertemuan di Vanuatu itu, Perdana Menterri Fiji, Voreqe Bainimarama menulis surat kepada Perdana Menteri PNG Peter O’Neill, Perdana Menteri Salomons Darcy Lilo, dan Perdana Menteri Vanuatu Moana Carcases  untuk  mendukung Mr Tavola pada Januari tahun ini. Namun, satu bulan kemudian, pada Januari dan February, mendengar kabar, Salomons dan PNG mengusung calonya sendiri. Kekuatan solidaritas di dalam MSG mulai nampak.

PNG menjadi satu kekuatan kina (mata uang PNG yang baru). Ke depannya, dengan book check diplomasi menjadi sangat kuat. Itu adalah cita-cita stabilitas kekuatan itu sendiri sebagai pemimpin dan kekuatan yang merusak. (Jubi/Mawel/Sumber Fiji Sun)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MENGHIANATI FIJI,PNG KEKUATAN BARU DI PASIFIK