DPRP PERTANYAKAN ASAL AMUNISI KSB DI PAPUA

share on:
Ilustrasi Amunisi. (Jubi/Arjuna)
Ilustrasi Amunisi. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 5/8 (Jubi) – DPR Papua (DPRP) mempertanyakan asal usul amunisi yang digunakan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) di Papua terutama yang ada di Lanny Jaya dan Puncak Jaya, Papua.

Ketua DPR Papua, Deer Tabuni mengatakan, darimana amunsi yang digunakan kelompok Lanny Jaya pimpinan Puron Wenda dan Enden Wanibo untuk melakukan serangkaian penembakan di wilayah itu.

“Mereka punya amunisi begitu banyak. Darimana asalnya. Di sana kan tidak ada pabrik amunisi, tapi kenapa amunisi mereka tak pernah habis. Siapa yang menjualnya ke mereka,” kata Deerd Tabuni, Selasa (5/8).

Menurutnya, jika amunisi yang digunakan kelompok tersebut selama ini adalah hasil rampasan dari aparat kemanan, tentu saja jumlahnya pasti terbatas.

“Kalau memang rampasan, pelurunya terbatas dan pelurunya pasti habis sehingga senjata mereka tidak bisa digunakan. Tapi selama ini, mereka dapat peluru dari mana sehingga bisa terus melakukan penembakan,” ujarnya.

Dikatakan, kasus penembakan di Lanny Jaya harus segera diselesaikan. Jika tidak, akan menghambat proses pembangunan yang sedang berjalan di sana.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan membentuk tiga Panitia Khusus (Pansus) yang akan menangani kasus kriminal di Kabupaten Lanny Jaya,” katanya. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRP PERTANYAKAN ASAL AMUNISI KSB DI PAPUA