KPU PAPUA: HASIL PILEG MIMIKA FINAL, TIDAK BISA DIREVISI

share on:
Ketua KPPS TPS 16 Koperapoka, Mimika Baru, Yohana, saat menjelaskan prosedur pencoblosan pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu (Jubi/Eveerth)
Ketua KPPS TPS 16 Koperapoka, Mimika Baru, Yohana, saat menjelaskan prosedur pencoblosan pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu (Jubi/Eveerth)

Timika, 5/8 (Jubi) – Wacana pergantian beberapa calon legislatif terpilih berdasarkan SK 20/Kpts/KPU-MMK/031.4172/2014, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Adam Arisoy mengatakan, hal tersebut tidak dapat dilakukan, karena sudah merupakan hasil akhir dan final serta tidak dapat diganti atau revisi.

“Surat yang dikeluarkan terkait pergantian yang akan dilakukan oleh KPU Mimika, maka hal tersebut tidak boleh digantikan, karena sudah final dan mengikat,” ujar Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, kepada tabloidjubi.com, Selasa (5/8) malam .

Dikatakan bahwa, semua keputusan dan penetapan yang telah dikeluarkan oleh KPUD Mimika berdasarkan nomor di atas, final dan telah disampaikan kepada pemerintah sebagai laporan atas hasil-hasil nama-nama calon legislatif yang sudah final. Sehingga jangan lagi dilakukan perubahan.

Kami jelas membantah, jika hal tersebut ingin dilakukan perubahan dari nama-nama yang sudah ada dan sudah ditetapkan,” ucap Arisoy.

Adam Arisoy, yang juga mantan Anggota KPUD Yalimo ini menegaskan pihaknya tidak segan-segan melaporkan kelima Anggota KPUD Mimika kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Terutama, jika memaksakan perubahan ataupun melakukan revisi terhadap nama-nama calon yang sudah ditetapkan.

Ya, kalau direvisi, maka kami akan tempuh proses yang ada dengan melaporkan kepada DKPP, agar bisa menyelesaikannya. Jadi, yang pastinya kami berharap, agar tidak ada revisi atau pergantian nama-nama yang sudah ditetapkan itu,” katanya.

Informasi tentang pergantian nama-nama itu, sebelumnya diterima Adam lewat pesan singkat (SMS) telepon selulernya, tertulis “KPU Kabupaten Mimika No.23/Pemb./KPU MMK/VII/2014 P E M B E R I T A H U A N. Disampaikan kepada: Para Pengurus 12 Partai Politik Peserta PEMILU 2014 & Para Calon DPRD Kab. Mimika VERSI SK 20 Bahwa : Ada kesalahan Administrasi dalam Penetapan Calon DPRD Mimika di Beberapa Partai Politik. Sehingga ada pula Kesalahan Penetapan Nama Calon Anggota DPRD Mimika periode 2014-2019.

Maka akan TERJADI PERUBAHAN NAMA CALON di beberapa partai, sehingga dapat di TETAPKAN dalam arti keputusan. (SK) PELANTIKAN. Demikian surat Pemberitahuan ini di sampaikan untuk diketahui. Timika, 2 Agustus 2014,” demikian bunyi pesan singkat Adam Arisoy.

Terkait hal itu, Ketua KPUD Mimika, Yohanes Kemong, membantah keras, bahwa pihaknya memberikan surat pemberitahuan kepada 12 parpol di Mimika terkait hendak melakukan perubahan sejumlah nama Caleg pada SK KPUD Mimika nomor 20.

Menurutnya, pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat pemberitahuan semacam itu, dan ditegaskan pula bahwa SK 20 adalah merupakan hasil murni KPUD Mimika yang tidak mungkin lagi dapat dirubah dengan menggantikan sejumlah nama maupun jumlah perolehan kursi Legislatif.

Penetapan kursi, penetapan calon, itu kan sudah pernah kita umumkan melalui media juga. Itu pleno hari Minggu tanggal 25 Mei itu. KPU tidak pernah kasih keluar surat pemberitahuan seperti itu. Itu tidak ada!,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, diketahui bahwa berdasar SK KPU Mimika Nomor:20/Kpts/KPU-MMK/031.4172/2014 tentang sertifikasi perolehan suara dan penetapan kursi partai politik serta penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Mimika Periode 2014-2019, Partai Gerindra tercatat sebagai pemenang Pemilu di daerah ini setelah memperoleh suara 29.266.

Disusul Partai Golkar dengan perolehan suara 28.646, Partai Bulan Bintang dengan perolehan suara 26.994, Partai Demokrat memperoleh suara 20.328, PKB meraih suara 18.723, PDIP memperoleh suara 18.561, Nasdem memperoleh suara 18.123, Hanura memperoleh suara 16.271, PAN memperoleh suara 13.910, PKPI memperoleh suara 11.577, PKS memperoleh suara 5.232 dan PPP diposisi terakhir dengan 1.929 suara.

Nama-nama anggota DPRD Mimika pun tercatat berdasar SK KPU Mimika Nomor:20/Kpts/KPU-MMK/031.4172/2014 untuk daerah pemilihan (Dapil) Mimika Satu (1) masing-masing Nely Bertha Maurumako SH (Nasdem), H. Muhamat Asri (PKB), Hadiwiyono SE (PKB), Yohanis Felix Helyanan (PDIP), Karel Gwijangge (PDIP), Atimus Komangal (Golkar), Yohanis Wantik (Hanura), Elias Murib (PBB) dan Yohanes Tsunme (PKPI).

Sementara untuk Dapil Mimika Dua (2) Caleg terpilih masing-masing Matius Uwe Yanengga (PKB), Robbi Kamaniel Omaleng (Golkar), Elminus B Mom (Gerindra), Sonny M Kapparang (Gerindra), Gerson H Imbir (PBB), Odezeus Beanal (PBB) dan Antonius Kemong (PKPI).
Untuk Dapil Mimika Tiga (3) Caleg yang terpilih masing-masing Agus Wahyudiono (Nasdem), Markus Timang (Gerindra), Yohanis Amisim (Gerindra), Yoel Yolemal (Demokrat), Yulius Kum (Demokrat), Kris Magal (PAN), Luther Wakerwa (PAN), Saleh Alhamid (Hanura), Tadeus Kwalik (PBB) dan Maximus A Werluken (PKPI).

Kemudian untuk Dapil Mimika Empat (4), Caleg yang ditetapkan masing-masing Oktovianus Beanal (Golkar), Yohanes Kibak (Gerindra) dan Yonas Magal (PBB). Sedangan untuk Dapil Mimika Lima (5) masing-masing Anastasia Tekege (Nasdem), Nathaniel Murib (PBB), Felix Waokateyau (Golkar), Marcianus Tawurutubun (Gerindra), Robertus Waropea (Demokrat) dan Yelinus Mom (Hanura). (Jubi/Eveerth)

 

 

 

 

 

 

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU PAPUA: HASIL PILEG MIMIKA FINAL, TIDAK BISA DIREVISI