BANYAK PNS PAPUA MASIH BOLOS PASCA LIBUR LEBARAN

share on:
Ilustrasi peta Papua (radioaustralia.net.au)
Ilustrasi peta Papua (radioaustralia.net.au)

Timika, 5/8 (Jubi) – Prosentase kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Mimika hanya mencapai 60 persen, banyak pegawai yang masih bolos dan tidak masuk kerja, pasca libur lebaran Idul Fitri.

Hari ini kita memang melakukan sidak (inspeksi mendadak-red) rutin pasca liburan di seluruh SKPD. Kita tahu, surat edaran untuk libur dari pemerintah daerah hanya sampai tanggal 4 Agustus 2014, sehingga untuk pegawai yang masih libur-libur harus segera kembali menjalankan tugas,” kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Mimika, Erens Meokbun ,di Timika, (5/8).

Sejak Senin (4/8) katanya, seluruh SKPD sudah harus mengaktifkan pelayanan kepada masyarakat seperti biasanya, namun berdasarkan pantauan sidak yang dilakukan, hasil cukup mengalami penurunan.

Dari pantauan kami untuk 24 SKPD yang disidak pada awal permulaan kerja pasca libur ini, hanya 10 SKPD yang sebagian besar pegawainya tingkat kehadiran cukup diapresiasi. Di antaranya Bagian Humas, Bagian Protokoler, Disnaker, Dispencapil, Damkar, Satpol PP, Bagian Keuangan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Bagian aset, Ortal. Sedangkan untuk beberapa SKPD lainnya, meski tingkat kehadirannya baik, hanya saja masih ada beberapa pegawai yang belum hadir. Hal ini perlu diperhatikan kepala-kepala SKPD-nya,” kata Erens.

Turut hadir dalam sidak tersebut adalah Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala Satpol PP, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Asisten IV Bidang Kemasyarakatan, Kabag Protokol, dan Kabag Humas.

Erens menambahkan, tingkat kehadiran beberapa pegawai SKPD di permulaan hari kerja ini belum begitu efektif karena ada beberapa kendala intern. Seperti ada yang sedang menjalani dinas luar kota (bimbingan teknis), dan ada juga yang tidak lengkap karena berita duka di lingkungan SKPD tertentu.

Pada hari awal masuk ini kita biasanya juga melakukan apel pagi, tetapi dikarenakan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan maka hari ini kita hanya melakukan sidak keliling saja untuk mengecek persentase kehadiran pegawai di setiap SKPD,” ujarnya.

Diharapkan agar beberapa SKPD yang tingkat kehadirannya menurun agar dapat ditingkatkan lagi, dan untuk hari berikutnya ke depan harus jauh lebih baik agar aktivitas pelayanan terhadap masyarakat juga dapat berjalan efektif.

“Sedangkan untuk waktu masuk kerja bagi seluruh pegawai pemerintah daerah mimika mulai tanggal 4 Agustus ini sudah kembali normal seperti waktu-waktu biasanya,” harapnya.

Sementara itu, Pasca satu minggu libur lebaran 1 Syawal 1435 Hijriah. Hari pertama masuk kerja tingkat kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua sudah mencapai 90 persen.

Dari pantauan, saat apel pagi Pukul 07:30 Wit di halaman kantor Gubernur Papua, dengan Inspektur Upacara (Irup) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Papua, Elia I.Loupatty, Senin (4/8) PNS yang mengikuti apel cukup banyak.

Selain itu, sebagian besar pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua turut hadir dalam acara apel pagi tersebut.

Kepada wartawan usai pimpinan apel, Elia Loupatty mengaku, tingkat kehadiran PNS di lingkup Pemprov Papua telah menggambarkan tingkat kesadaran dan disiplin PNS semakin baik.

Kita sudah libur selama satu minggu dan tadi (kemarin-red) seperti kalian lihat sudah padat. Dimana sebagian besar PNS sudah datang kerja dan saya rasa ini hal yang baik karena ini awal bulan Agustus dan teman-teman juga menyadari hal ini,” ungkapnya. (Jubi/Eveerth)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BANYAK PNS PAPUA MASIH  BOLOS  PASCA  LIBUR LEBARAN