GURU SMK SE JAYAPURA DIBEKALI CARA TERAPKAN KURIKULUM 2013

share on:
WORKSHOP KURIKULUM 2013 di SMK 3 JAYAPURA(JUBI/SINDUNG)
WORKSHOP KURIKULUM 2013 di SMK 3 JAYAPURA(JUBI/SINDUNG)
Jayapura, 11/8 (Jubi)-lebih  dari 300 orang guru   mengikuti workshop implementasi kurikulum 2013, tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Kota Jayapura,kelompok produktif program keahlian teknologi dan rekayasa di Aula SMK 3 Jayapura, Senin (11/8).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Robert J Betaubun mengungkapkan pihaknya mengundang pemateri dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan bidang otomotif dan elektronik (P4TK) Malang, untuk memberikan penjelasan kepada tenaga pengajar karena terkait dengan kurikulum 2013, khusus untuk. Sosialisasi kompetensi jurusan produktif, menurutnya belum pernah dilakukan.
Secara nasional ini sangat terbatas dan kita minta dari P4TK, untuk buat pelatihan di sini,”ungkap Betaubun di sela acara.
Workshop perdana di  Provinsi Papua  yang digelar selama empat hari hingga 14 Agustus ini, juga diikuti pula beberapa guru dari  4 kabupaten lainnya.

 Guru dari kabupaten lainnya yang turut bergabung antara lain dari Keerom 40 orang, kabupaten Jayapura 40 orang, Manokwari 10 orang, dan tiga orang dari kabupaten Sorong ada 3 orang.

Hariganto salah satu pemateri, dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan tenaga kependidikan bidang otomotif dan elektronik (P4TK) Malang, mengatakan  beberapa materi yang akan disajikan antara lain  perubahan pola pikir (mindset) kurikulum, standar kelulusan, standar isi, standart proses, standar penilaian atau esensi penilaian.
Pendekatan  sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, kini  pembelajaran  berpusat kepada siswa, guru hanya memberikan poin – poin penting tapi siswa harus banyak berpikir kreatif, inovatif sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri, sehingga pembelajaran sesuai kurikulum dapat terwujud didalam kelas,”katanya.

Kabid SMA/SMK, Cliford Korwa menambahkan  workshop tersebut bermaksud  memberikan panduan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013m  khususnya bagi 32 kompetensi bidang produktif yang belum diberikan oleh Kementerian pendidikan. "Memang buku umum pegangan sudah diberikan, akan tetapi ada 32 kompetensi program produktif di Sekolah Kejuruan yang belum," tegas Korwa. (Jubi/Sindung)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GURU SMK SE JAYAPURA DIBEKALI CARA TERAPKAN KURIKULUM 2013