HINDARI MOTOR, MOBIL PERWIRA POLISI MASUK JURANG

share on:
Mobil Suzuki APV saat di tarik dari jurang Jalan Alternatif, Kota Jayapura (Istimewa)
Mobil Suzuki APV saat di tarik dari jurang Jalan Alternatif, Kota Jayapura (Istimewa)

Jayapura, 11/8 (Jubi) – Lantaran berusaha menghindari sepeda motor yang ngebut dari arah berlawanan di Jalan Alternatif, Kampung Buton, Distrik Jayapura Selatan. Sebuah Mobil Suzuki APV yang dikendarai seorang polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) jatuh terperosok ke jurang.

Martin Koagouw, Perwira polisi yang mengemudikan mobil itu, berhasil selamat dan hanya mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuhnya, namun mobil bernomor polisi DS 1590 AP itu rusak parah.Sedangkan pengemudi motor melarikan diri.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Jayapura Selatan, Komisaris Polisi Takamully saat di lokasi, Senin (11/8) menuturkan, kecelakaan itu disebabkan karena mobil Suzuki APV menghindari pengendara motor yang ugal-ugalan.

Selain itu, menurutnya kecelakaan ini juga disebabkan tidak adanya pembatas jalan di lokasi kejadian dan hampir seluruh Jalan Alternatif. “Sebelum menghantam tanah, mobil ini sempat beberapa kali terguling hingga bodi mobil rusak dari semua sisi,” ujarnya.

Kecelakaan ini bukan yang pertama kalinya, ia mengklaim, kecelakaan serupa pernah terjadi dua kali sekitaran jalan alternatif yang menyebabkan mobil masuk ke jurang.

Kapolsek menyarankan agar pihak terkait segera membangun pagar di sepanjang jalan alternatif yang langsung berhadapan dengan jurang.

“Pihak-pihak terkait saja yang kita himbau agar mempercepat pembangunan pagar pembatas karena khalayak sudah memanfaatkan jalan ini setiap harinya,” kata Kapolsek.

Inspektur dua (Pol) Wiji, Kadit Lantas Jayapura Selatan menambahkan motor yang hendak dihindari itu melaju dengan kecepatan tinggi menggunakan jalur kanan (bukan jalurnya). Untuk menghindari kecelakaan, sopir mobil AVP mencoba menghindar namun karena tidak ada pembatas, maka langsung jatuh ke jurang.

Di tempat terpisah, Kasat Lantas Polres Jayapura Kota, Ajun Komisaris Polisi, Yosias Pugu  saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya mengatakan banyak rambu-rambu Lalulintas di Kota Jayapura yang masih perlunya pembaharuan, selain belum dipasang, banyak juga rambu-rambu yang hilang.

Karena yang terjadi selama ini banyak rambu-rambu yang dilanggar oleh pengadara, misalnya ada tanda stop malah parkir dibawah tanda tersebut ini kita lakukan sosialisasi lalu mengambil tindakan. Sebab ini juga menjadi pemicu kecelakaan, kalau dilanggar,” kata Yosias. (Jubi/Indrayadi TH/Mecky W)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  HINDARI MOTOR, MOBIL PERWIRA POLISI MASUK JURANG