KEJARI MANOKWARI BATAL TAHAN MANTAN SEKDA PAPUA BARAT

share on:
Ilustrasi Korupsi. (IST)
Ilustrasi Korupsi. (IST)

Jayapura, 13/8 (Jubi) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari, Papua Barat batal menahan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat (PB), George Auparay yang menjadi tersangka dugaan korupsi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2009 lalu, senilai lima miliar rupiah.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Papua Barat, Timbul Tamba ketika dikonfirmasi wartawan via selelurnya mengatakan, pihaknya belum menahan tersangka lantaran yang bersangkutan sakit usus dan sedang dirawan di Rumah Sakit (RS) setempat.

“Rencananya kami akan tahan dia hari ini. Tapi karena dia sedang sakit, penahanannya kami tunda. Berkasnya kan sudah tahap dua, tapi terpaksa kami kembalikan ke Polda Papua lagi karena mereka yang menyidik kasus ini. Nanti setelah dia sehat, baru akan dilimpahkan lagi ke kejaksaan,” kata Timbul Tamba via selelurenya, Rabu (13/8).

Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, E.S.Maruli Hutagalung mengatakan, selain Mantan Sekda Papua Barat, kasus juga ini melibatkan dua orang lainnya yang kini sudah jadi terdakwa dan telah diputuskan di Pengadilan Tipikor Manokwari. Namun ia enggan menyebut siapa kedua orang tersebut.

“Jadi tinggal Sekda ini saja yang belum ditahan. Awalnya, Polda Papua menyerahkan tahap dua ke Kejati Papua, namun karena tersangka berdomisili di Manokwari, sehingga Polda langsung menyerahkan ke Kejari Manokwari. Selama proses penyidikan di Polda Papua, tersangka George Auparay tidak ditahan,” kata Maruli.

Mantan Sekda Provinsi Papua Barat, George Auparay merupakan tersangka dari salah satu proyek Pemerintah Pusat. Proyek tersebut diperoleh setelah berhasil melobi salah satu anggota Dewan Provinsi Papua Barat. Mantan Sekda Provinsi Papua Barat itu diduga menerima suap senilai lima miliar rupiah untuk memuluskan proyek itu. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KEJARI MANOKWARI BATAL TAHAN MANTAN SEKDA PAPUA BARAT