GUBERNUR PAPUA: PELAKSANAAN HUT RI DI PAPUA BERJALAN AMAN

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe Saat Menyerahkan Bendera Duplikat. (Jubi/Alex)
Gubernur Papua, Lukas Enembe Saat Menyerahkan Bendera Duplikat. (Jubi/Alex)

Jayapura, (17/8) – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan, secara umum pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-69 di Papua berjalan aman dan terkendali.

“Saya tadi sudah hubungi beberapa bupati, terutama daerah-daerah yang rawan, seperti Paniai, Puncak, dan Puncak Jaya. Mereka melapor kepada saya kalau pelaksanaan upacara HUT RI berjalan aman dan terkendali,” kata Lukas kepada wartawan saat ditemui usai memimpin upacara HUT RI ke-69 yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Minggu (17/8) pagi.

Meskipun baru beberapa bupati yang melapor, ujar Lukas, dipastikan hampir semua kabupaten/kota di Provinsi Papua sudah melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI dengan baik.

“Intinya, para pendahulu kita berjuang untuk merdeka, kita yang sekarang atau generasi sekarang berjuang untuk bekerja keras mengisi dan membangun. Itu yang komitmen bersama masyarakat Indonesia, terutama yang ada di Provinsi Papua. Perjuangan yang lalu dengan fisik untuk merdeka, sekarang kita berjuang untuk pembangunan dan bekerja keras. Ya, kalau tidak bekerja keras, tentu tidak akan berhasil,” jelas Lukas.

Sementara bagi saudara yang masih bersebarang, Lukas mengajak agar pada moment yang penting ini, bersatu dan turun bergabung untuk membangun untuk memajukan diri sendiri, rakyat dan bangsa. “Mari kita bersatu untuk membangun dan memajukan diri sendiri, rakyat dan bangsa kita,” ajaknya.

Saat ditanya soal perhatian pemerintah Provinsi Papua terhadap para veteran dan pejuang kemerdekaan yang ada di Papua. Lukas menjelaskan, dirinya sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk membangun rumah bagi para veteran dan pejuang kemerdekaan.

Sedangkan mengenai honor para veteran dan pejuang kemerdekaan, lanjutnya, pemerintah provinsi bisa memberikan mereka honor yang sudah ada surat keputusan dari Pusat yang terhimpun dalam veteran itu.

“Untuk pembangunan perumahan saya sudah sampaikan, kebijakan anggaran sudah ada di kabupaten/kota. Makanya kalau dibangun pun saya sudah memerintahkan kepada mereka untuk diprioritaskan bagi para pejuang dan veteran yang belum memiliki rumah. Ini kepedulian kita kepada para pejuang dan veteran yang telah mengabdi di Papua,” ujarnya.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT kemerdekaan RI  ke-69 tingkat Provinsi Provinsi Papua, yang digelar di Stadion Mandala Jayapura, Minggu (17/8) pagi, berlangsung dengan khidmat dan aman, meskipun sejak pagi Ibukota Papua ini diguyuri hujan.

Upacara dipimpin langsung Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe selaku inspektur upacara. Sementara Komandan Upacara AKBP Kolestra Siboro yang sehari-harinya sebagai tenaga pendidik di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Jayapura.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69, dimulai tepat pukul 10.00 WIT, yang diawali dengan pemeriksaan barisan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Satpol PP, PNS, Pelajar Serta sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan.

Selain diikuti oleh peserta upacara, pelaksanaan HUT RI di Stadion Mandala juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata PNG, Gubernur Provinsi Sandaun, dan veteran pejuang yang duduk diantara barisan unsur Muspida Provinsi Papua.

Adapun detik-detik Proklamasi ditandai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali dan di ikuti pembacaan Proklamasi oleh Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni.

Pengibaran bendera merah putih, yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (paskibra), yakni  Thor Daril Suebu, Jery Speniel Waimuri, dan Yohanes Matius Marian dilakukan tepat pukul 10.30 WIT dan berjalan dengan baik.

Tirsa Yulianti Wakris, siswa SMA II Jayapura selaku pembawa baki penerima bendera duplikat megaku, sangat bahagia bisa dipercayakan untuk menerima langsung bendera Merah Putih dari Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Kegembiraan juga terlihat dari kedua orang tua Tirsa yang datang ke Stadion Mandala untuk menyaksikan langsung jalannya Upacara Bendera HUT RI ke-69, sekaligus mengabadikan moment saat anaknya menerima bendera duplikat dari gubernur.

“Saya sangat bangga melihat anak ke-4 saya bisa dipercayakan untuk membawa bendera Merah Putih. Apalagi hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun saya,” kata Amon Wakris.

Dari pantauan Tabloidjubi di Stadion Mandala Jayapura, Minggu (17/8), upacara tersebut dihadiri unsur Forkompimda, diantaranya, Majelis Rakyat Papua, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, Polda Papua, Bank Indonesia, dan Kodam XVII/Cenderawasih.

Masyarakat Kota Jayapura banyak yang menyaksikan kegiatan upacara yang dilakukan setiap tahun tersebut, sejumlah warga yang berada di pinggiran lapangan upacara tampak antusias melihat upacara bendera dengan diiringi “marching band” dari Korps Musik.

Usai pelaksanaan upacara, peserta upacara beserta masyarakat yang hadir disuguhkan oubade dari siswa siswi SMP Negeri I Kota Jayapura, serta atraksi tarian merah putih dan bela diri dari Anggota TNI 751 Rider.

Sementara itu, arus lalu lintas di Kota Jayapura dan sekitarnya tampak lengang pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GUBERNUR PAPUA: PELAKSANAAN HUT RI DI PAPUA BERJALAN AMAN