PCW: GUBERNUR HARUS TINJAU SK JABATAN KADINKES DAN UP2KP

share on:
Direktur Eksekutif PCW, Rifai Darus. (Jubi/Alex)
Direktur Eksekutif PCW, Rifai Darus. (Jubi/Alex)

Jayapura, 23/8 (Jubi) – Direktur Papua Corruption Watch (PCW), Rifai Darus meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk segera meninjau kembali surat keputusan jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua dan Direktur UP2KP yang di berikan kepada orang yang sama, yakni Aloysius Giyai.

“Jika seorang menduduki dua jabatan yang sama akan sangat menggunakan tupoksi dan integritasnya. Apalagi jika ditinjau dari tugas dasar, kedua lembaga ini memiliki kewenangan yang berbeda. Apalagi Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan (UP2KP) itukan DPR-nya Dinas Kesehatan (Dinkes), bagaimana UP2KP mau koreksi Dinkes kalau dua lembaga ini dijabat orang yang sama. Untuk itu, saya rasa ini harus ditinjau kembali oleh gubernur,” kata Rifai kepada wartawan, di Kota Jayapura, Papua, Jumat (23/8).

Rifai menilai, dengan adanya dua jabatan oleh orang yang sama, tentu terjadi inpreskepentingan yang luar biasa, karena fungsi dan tugas dari UP2KP tidak akan berjalan karena di pegang oleh orang yang sama. Selain itu, kantor UP2KP dan Dinas Kesehatan sementara ini berada pada satu atap, karena kantor Dinkes sedang di renovasi.

“Kami menduga ada penggunaan biaya pada tempatnya. Kita akan melihat perkembangan selanjutnya. Kami akan menyurati Kadinkes dan Direktur UP2KP yang mana di jabat oleh orang yang sama, untuk meminta klarifikasi,” ujarnya.

Menurut Rifai, elegannya saat menjabat Direktur UP2KP dan ditawari jabatan Kepala Dinas Kesehatan, harusnya bisa memilih karena jabatan yang ditawarkan bertolak belakang. Untuk itu, PCW minta gubernur untuk meninjau kembali SK jabatan Kadinkes dan UP2KP yang dijabat oleh orang yang sama. “Jika bijak, harusnya bisa memilih, karena jabatan ini bertolak belakang,” tukasnya.

Secara terpisah, Kadinkes Provinsi Papua, Aloysius Giyai yang menjabat sebagai Direktur UP2KP Papua mengatakan, dirinya hanya menjalankan perintah dari pimpinan dalam hal ini Gubernur Papua. “Saya inikan hanya menjalankan perintah dan tugas yang diberikan kepada saya. Apalagi ini berhubungam dengan pelayanan rakyat. Sebagai bawahan, saya siap menjalankan tugas yang diberikan. Kapanpun diganti silahkan, karena itu kewenangan gubernur,” katanya. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PCW: GUBERNUR HARUS TINJAU SK JABATAN KADINKES DAN UP2KP