SINUT: PERLU DATA PENDUDUK YANG VALID UNTUK PEMBANGUNAN DI PAPUA

share on:
Anggota Fraksi Pikiran Rakyat DPR Papua, Sinut Busup. (Jubi/Arjuna)
Anggota Fraksi Pikiran Rakyat DPR Papua, Sinut Busup. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 24/8 (Jubi) – Anggota Fraksi Pikiran Rakyat DPR Papua, Sinut Busup,menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua perlu memiliki data penduduk yang valid di setiap wilayah sehingga sasaran dan prioritas pembangunan menjadi lebih baik.

“Ini agar menjadi acuan dasar dalam rangka prioritas pembangunan pada semua bidang. Juga agar anggaran yang telah ditetapkan dapat mencapai sasaran yang jelas. Kami sudah menyampaikan itu dalam pandangan fraksi, ketika paripurna beberapa hari lalu,” kata Sinut Busup, Sabtu (23/8).

Menurutnya, program pembangunan tidak lepas dari jumlah penduduk serta luas wilayah. Hal itu juga  akan berdampak pada penentuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Selain itu,  juga perlu adanya data ketenagakerjaan yang baik dan benar, karena jumlah angka kerja di Provinsi Papua saat ini mengalami peningkatan. Hal lain yakni perlu adanya data yang baik dan benar tentang pendidikan. Baik pendidikan formal maupun nonformal. Begitu juga kesehatan,” ujarnya.

Sementara Ketua Fraksi Pikiran Rakyat DPR Papua, Yan Mandenas, mengatakan selain hal diatas, pihaknya juga menyampaikan beberapa pandang ketika sidang paripurna lalu. Antara lain tentang perlunya peningkatan  infrastruktur yang memada, baik itu sarana jalan, jembatan, pelabuhan laut, maupun lapangan terbang.

“Juga potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Papua sangat melimpah, namun belum dikelolah dan diatur secara baik oleh pemerintah daerah. Masalah hak masyarakat tentang sengketa tanah adat yang diklaim oleh pemerintah dan swasta juga harus menjadi perhatian Pemda, karena kenyataannya masih banyak yang belum ada serah terima atau pelepasan hak secara adat,” kata Yan. (Jubi/Arjuna)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SINUT: PERLU DATA PENDUDUK YANG VALID UNTUK PEMBANGUNAN DI PAPUA