SEBANYAK 4.887 RTSM DAPAT BANTUAN DARI KEMENTERIAN SOSIAL

share on:
Penyerahan Bantuan Tunai Bersyarat. (Jubi/Alex)
Penyerahan Bantuan Tunai Bersyarat. (Jubi/Alex)

Jayapura, 26/8 (Jubi) – Sebanyak 4.887 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang ada di Kota Jayapura, Papua mendapat bantuan tunai bersyarat dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Pemberian bantuan diserahkan secara simbolis Gubernur Papua, Lukas Enembe dan didampingi Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, serta Kepala Dinas Sosial dan Pemukiman Papua, Ribka Haluk, di Kota Jayapura, Papua, Selasa (26/8).

Bantuan ini merupakan program keluarga harapan (PKH) kepada masyarakat, khususnya RTSM dengan kriteria, anak usia 0-15 tahun, anak usia 15-18 tahun, tetapi belum menyelesaikan pendidikan dasar dan ibu hamil/nifas. Tujuannya, meringkan beban keluarga, sekaligus meningkatkan taraf kesejahteraan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Sedangkan untuk penyaluran dana bantuan, dinas sosial bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia. “Ini merupakan kegiatan penyerahan bantuan bersyarat program keluarga harapan Kota Jayapura tahap I gelombang VI 2014. Program seperti ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai negara dan telah berhasil menekan angka kemiskinan di belahan dunia. Program ini pertama kali berlangsung di Indonesia dan mendapat manfaat kepada seluruh provinsi di Indonesia,” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemukiman Papua, Ribka Haluk.

Ribka menjelaskan, program tersebut pertama kali dilaksanakan pada 2007 di beberapa provinsi di Indonesia. Sedangkan di Papua dan Papua Barat, dilakukan pada akhir 2012 dan awal 2013 dilaksanakan di Kota Jayapura dan Kabupaten Manokwari.

“Pemberian bantuan ini dimaksudkan untuk menanggulangi kemiskinan yang dirancang membantu RTSM agar meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk jangka pendek dan memperbaiki pola pikir yang dapat membawa pada pemutuskan mata rantai kemiskinan untuk jangka lebih panjang serta untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang pendidikan dan kesehatan pada keluarga yang tidak mampu,” jelasnya.

Ditegaskan Ribka, yang berhak menerima bantuan ini adalah rumah tangga sangat miskin dan tersebar di lima distrik yang ada di Kota Jayapura, sehingga jumlah RTSM yang dibantu saat ini sebanyak 4.887 dengan dana sebesar Rp 1 miliar lebih.

“Distrik Jayapura Utara, jumlah RTSM 1.282 dengan dana Rp 400 juta lebih, Distrik Jayapura Selatan 1.606 dengan dana sebesar Rp 500 juta lebih, Distrik Abepura 1.151 RTSM dengan dana Rp 400 juta lebih, Ditrik heram 294 RTSM dengan dana Rp 78 juta, dan Distrik Muara Tami 554 RTSM dengan dana Rp 200 juta lebih,” ujarnya.

Kakanwil Regional XI Jayapura PT. Pos Indonesia, Agus Budi Prasetio mengatakan, pihaknya siap melakukan pembayaran sesuai tempat yang sudah disepakati dengan Dinas Sosial.

“Kami juga berterimakasih atas ide-ide gubernur untuk masyarakat Papua, sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera lagi. Kami juga berharap ada program-program lain yang bisa disalurkan melalui PT. Pos Indonesia karena selain melakukan ini, kita juga telah melaksanakan pembayaran-pembayaran dari Kementerian Sosial lainnya seperti BLSM, lanjut usia, cacat berat dan lainnya. Dan ini adalah upaya maksimal dari PT. Pos dalam hal melayani tugas pemerintah terhadap masyrakat Indonesia, khususnya Papua,” kata Agus Budi Prasetio.

Agus jelaskan, dalam hal pembayran PTH ini, pihaknya sudah membagi pembayaran-pembayaran untuk beberapa distrik, baik untuk di Kantor Gubernur, Kantor Pos Jayapura, Abepura, Waena, dan Muara Tami. “Ini semua kita lakukan untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Intinya PT. Pos Indonesia siap melakukan pembayaran kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SEBANYAK 4.887 RTSM DAPAT BANTUAN DARI KEMENTERIAN SOSIAL