JIKA IMBUTI JADI KAMPUNG, TIAP TAHUN DAPAT RP 1 MILYAR

share on:
Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT. (JUBI/Frans L Kobun)

Merauke, 31/8 (Jubi) – Imbuti yang merupakan tempat tinggal masyarakat asli Marind dalam wilayah kota, selama ini masih bergabung dengan Kelurahan Samkai, Distrik Merauke. Namun, dalam waktu tidak terlalu lama lagi, Imbuti akan menjadi kampung sendiri.

“Jika Imbuti telah menjadi kampung sendiri, maka dalam setiap tahun, pemerintah Kabupaten Merauke akan menurunkan dana Gerakan Pembangunan Kampungku (Gerbangku) senilai Rp1 milyar. Dalam sidang APBD perubahan ini, otomatis akan dibahas dan nantinya ditetapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke,” kata Bupati Merauke, Romanus Mbaraka ketika ditemui tabloidjubi.com di Merauke, Papua, Sabtu (30/8).

Menurut Romanus, dengan akan ditetapkan Imbuti sebagai suatu kampung, maka otomatis dalam tahun 2015 mendatang, dana senilai satu milyar rupiah akan diturunkan sekaligus dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pembangunan.

“Kalau kampung-kampung lain yang selama ini telah mendapatkan dana Gerbangku, kisaran uang masih sekitar Rp 500 juta hingga Rp 750 juta. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan mengalami kenaikan jika pemanfaatan tepat sasaran dan pertanggungjawaban sesuai dengan hasil kerja yang telah diselesaikan,” ujar Romanus.

Pemrakarsa Pembentukan Kampung Imbuti, Burhanudin Zein mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah setempat yang telah memberikan perhatian dengan memekarkan Imbuti menjadi kampung sendiri. Itu adalah keinginan dan harapan masyarakat yang sudah lama dinanti-nantikan.

“Memang orang Imbuti yang nota bene sebagai pemilik hak ulayat dalam wilayah kota, harus diberikan penghargaan seperti begini. Artinya bahwa, ketika mereka sudah berdiri sendiri, otomatis dana yang diturunkan pemerintah, dapat dirasakan secara langsung untuk berbagai kegiatan pembangunan. Selama ini mereka tidak bisa menikmati dengan baik lantaran masih bergabung di Kelurahan Samkai,” tandas Burhanudin. (Jubi/Frans L Kobun)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  JIKA IMBUTI JADI KAMPUNG, TIAP TAHUN DAPAT RP 1 MILYAR