TNI-POLRI SIAP AMANKAN PELANTIKAN BUPATI MIMIKA

share on:
Kapolres Mimika, AKBP. Jermias Rontini bersama pimpinan apara kepolisian Brimob Timika, dalam suatu kegiatan di Lapangan Timika Indah (Jubi/Eveerth)
Kapolres Mimika AKBP. Jermias Rontini bersama pimpinan aparat kepolisian Brimob Timika dalam suatu kegiatan di Lapangan Timika Indah (Jubi/Eveerth)

Timika, 3/9 (Jubi) — Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap mendukung pengamanan proses pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih yang akan dilaksanakan pada Sabtu (6/9) nanti.

“Yang jelas dari Makodim dan juga kami  akan koordinasikan lagi dengan satuan TNI lainnya agar ikut turut mendukung proses pelantikan. Kami akan lihat perkembangan situasi di lapangan saja,” kata Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf. Raffles Manurung, di Timika, Rabu (3/9).

Dikatakan, massa simpatisan dari pendukung bupati dan wakil bupati terpilih cukup banyak yang nantinya akan hadir dan memeriahkan acara pelantikan. Raflles mengaku siap mengamankan situasi selama proses pelantikan berjalan.

Raffles belum mau menyebutkan jumlah personel yang akan diturunkan pada saat pelantikan nanti. Menurut Raffles. sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi adanya upaya dari pihak-pihak tertentu untuk menggagalkan proses pelantikan mendatang.

“Kami nanti lebih kosentrasi pada pengamanan berbagai acara di luar lokasi pelantikan yang akan melibatkan simpatisan dari kedua pimpinan daerah yang baru.  TNI siap untuk mengamankan proses pelantikan supaya berjalan baik dan sukses. Karena ini kan merupakan jadwal program daerah yang wajib didukung oleh seluruh lapisan lembaga pemerintah, swasta, TNI/Polri, dan juga masyarakat. Kami berharap masyarakat membantu pihak keamanan untuk menciptakan situasi kondusif,” katanya.

Ratusan personel Brimob Detasemen A dan B Polda Papua ditambah unsur TNI dikabarkan akan dikerahkan untuk mengamankan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Mimika periode 2014-2019, yakni Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang di Gedung Eme Neme Yauware Timika, Sabtu (6/9).

Waka Polres Mimika, Komisaris Polisi Wirasto Adi Nugroho, mengatakan pola pengamanan acara pelantikan Bupati-Wakil Bupati Mimika sama seperti saat mengamankan rapat pleno KPU Mimika tentang penghitungan dan penetapan hasil Pilkada putaran kedua beberapa waktu lalu.

Wakapolres  Mimika mengajak seluruh komponen masyarakat setempat agar memelihara stabilitas kamtibmas agar acara pelantikan Bupati-Wakil Bupati Mimika terpilih bisa berlangsung sukses, tertib dan terkendali.

“Kami mengimbau masyarakat agar menjaga situasi keamanan yang saat ini sudah aman, sehingga acara pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih bisa berjalan sukses,” tandasnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TNI-POLRI SIAP AMANKAN PELANTIKAN BUPATI MIMIKA